TUGAS BAB 9 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG

1. Misalkan Anda seorang Supervisor Produksi yang diberikan tanggung jawab terhadap distribusi produk suatu perusahaan. Saluran distribu...

1. Misalkan Anda seorang Supervisor Produksi yang diberikan tanggung jawab terhadap distribusi produk suatu perusahaan. Saluran distribusi yang bagaimanakah yang akan Anda pilih? Bagaimana strategi distribusi yang akan diterapkan? Perlukah penaganan material dilakukan terhadap produk tersebut?
Jawab :
Saya akan menerapkan Strategi Distribusi Intensif,
Distribusi intensif adalah strategi distribusi yang menempatkan produk dagangannya pada banyak retailer atau pengecer serta distributor di berbagai tempat. Tehnik ini sangat cocok digunakan untuk produk atau barang kebutuhan pokok sehari-hari yang memiliki permintaan dan tingkat konsumsi yang tinggi. Contoh seperti sembako, rokok, sikat gigi, odol, sabun, deterjen, dan lain sebagainya. Perlu, agar barang sampai pada tujuannya dan mudah terkendali. Mudah didapat oleh konsumen.

2. Sebutkan dan jelaskan yang dimaksudkan strategi distribusi dalam perdagangan umumnya.
Jawab :
  • Strategi Distribusi adalah Distribusi barang merupakan bagian dari kegiatan perusahaan yang mana pada tahap ini merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk menjual produknya .
  • Distribusi Intensif , mendistribusikan produk melalui sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran ( grosir atau pengecer).
  • Distribusi Eksklusif , Hak eksklusif yang diberikan produsen dalam menjual atau mendistribusikan produk tertentu ke sejumlah grosir atau pengecer yang terbatas dalam wilayah geografis tertentu.
  • Distribusi Selektif , melalui grosir dan pengecer terpilih yang memberikan perhatian khusus atas produk tertentu dalam penjualannya , manfaat pajangan , dan lainnya. Biasanya diterapkan pada produk peralatan dan perabotan rumah tangga.

3. Strategi distribusi mana kah yang dapat digunakan dalam perdagangan untuk memasarkan berbagai macam kebutuhan konsumen segmen keseluruhan.
Jawab :
Distribusi Eksklusif
Distribusi eksklusif ini dilakukan oleh perusahan dengan hanya menggunakan satu pedagang besar atau pengecer dalam daerah pasar tertentu. Jadi produsen/ penyedia hanya menjual produknya kepada satu pedagang besar atau satu pengecer saja. Pada umumnya, distribusi eksklusif ini banyak dipakai : 
  • Untuk barang-barang special 
  • Apabila penyalur bersedia membuat persediaan dalam jumlah besar sehingga pembeli lebih leluasa dalam memilih produk yang akan dibelinya 
  • Apabila produk yang dijual memerlukan servis sesudah penjualan (pemasangan, reparasi, dsb), misalnya alat pendingin udara (AC), almari es dll.
4. Bagaimana strategi yang akan diterapkan untuk mengurangi biaya transportasi produk perusahaan? Modal transportasi yang bagaimanakah yang akan menjadi pilihan dalam penyaluran produksi perusahaan tersebut?
Jawab :
1) Optimasi Proses Bisnis (Business Process Optimization)
Mengurangi biaya dengan mendesain ulang aliran informasi, mulai dari penjualan hingga piutang, dengan tujuan mengurangi biaya manajemen order. Tanda-tanda yang menunjukkan perlunya optimasi proses bisnis adalah tingginya biaya manajemen order, tingginya biaya modal, terlambatnya pembayaran biaya pelayanan, yang akan memberikan pengaruh negatif keada proses umum dan administratif.
2) Optimasi Direct Effort
Menurunkan biaya variabel dengan meningkatkan aktifitas value-added (dengan menurunkan / menghilangkan aktifitas non-value-added) dengan menurunkan aktifitas menunggu, rework, transportasi, persiapan (seperti misalnya retooling), dan aspek-aspek administratif yang berkaitan dengan karyawan di lini produksi. Optimasi harus dilakukan jika terlihat tanda-tanda seperti tingginya biaya tenaga kerja produksi, tingginya angka ketidak-hadiran (absensi) karyawan, tingginya biaya penanganan inventori, rendahnya kualitas, jumlah shift yang banyak, banyaknya waktu lembur, pelayanan pelanggan yang buruk, cycle time yang buruk, yang akan memberikan dampak negatif kepada Harga Pokok Penjualan (HPP).
3) Utilisasi Tools dan Peralatan Non-Modal
Menurunkan biaya variabel dengan memastikan jumlah tools yang tersedia tepat seperti yang dibutuhkan, dan telah terutilisasi dengan layak (juga disimpan dan dipelihara dengan layak). Hal ini perlu dilakukan jika perusahaan terus membeli peralatan dasar beberapa kali, panjangnya waktu tunggu dalam produksi, area kerja dan peralatan tidak terorganisir dengan baik, yang akan memberikan efek negatif kepada HPP.
4) Optimasi Proses General dan Administratif secara Tidak Langsung
Mengurangi biaya variabel langsung per-kepala dengan menjalankan proses dan prosedur dalam organisasi. Hal ini perlu dilakukan jika ditemukan indikasi berupa tingginya rasio pekerja langsung hingga tak langsung, yang secara negatif akan mempengaruhi biaya tenaga kerja dari sisi umum dan administratif.
5) Optimasi Logistik
Menurunkan biaya variabel langsung dengan fokus kepada cara-cara mengemas produk, dimana produk akan disimpan, kapan proses memerlukan jeda istirahat, dan dimana membuang sampah sisa pengemasan produk. Optimasi logistik perlu dilakukan jika ada simptom berupa tingginya biaya pengemasan, proses pengemasan kurang terorganisir dengan baik, proses memakan waktu lama, tingginya waste, dan rendahnya utilisasi ruang dalam rak penyimpanan. Hal ini akan mempengaruhi HPP secara negatif.
6) Optimasi Mesin
Menurunkan biaya variabel langsung dan tak langsung dengan cara mengoptimasi penggunaan setiap mesin dan jadwal perawatannya. Optimasi ini perlu dilakukan jika ditemukan gejala berupa biaya maintenance yang tinggi, mesin sering mengalami downtime, biaya mekanik dan perbaikan tinggi, adanya terlalu banyak staf mekanik, yang akan mempengaruhi aspek umum, administratif, dan HPP.
7) Optimasi Network/Industrial Footprint
Menurunkan fixed cost dengan mengurangi fasilitas yang berlebih, sambil memelihara fulfillment dan kualitas pelayanan pelanggan dengan mempertimbangkan faktor-faktor biaya logistik, tenaga kerja, regulasi, infrastruktur, dan biaya lainnya yang berkaitan dengan jaringan. Hal ini perlu dilakukan jika ada biaya berlebihan pada sewa dan cost per unit, yang akan berefek negatif pada proses umum dan administratif, serta HPP.
8) Optimasi Manajemen Produk
Mengurangi biaya variabel tak langsung dengan mengembangkan/memperjelas instruksi penggunaan produk. Hal ini harus dilakukan jika perusahaan terkena biaya garansi yang tinggi, banyaknya komplain dari pelanggan, banyaknya produk akhir yang gagal/cacat, tingginya rework dan scrap, yang akan mempengaruhi besarna biaya umum dan administratif.
9) Optimasi Produksi
Mengurangi biaya dengan cara memperpendek cycle-time dengan mempelajari aliran material dan informasi. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengoptimasi layout, menjalankan strategi otomatisasi, dan pengaturan area kerja/area produksi. Optimasi produksi perlu dilakukan jika perusahaan harus membayar biaya gudang dan bahan mentah yang tinggi, work-in-process tinggi, tingginya scrap, rendahnya produktifitas, rendahnya kualitas, cycle time yang kurang efektif, yang akan membawa dampak negatif terhadap HPP.
10) Manajemen Supply Chain
Mengurangi biaya variabel langsung dengan mengembangkan struktur Just-in-time yang terfokus pada perencanaan on demand, sambil memperhitungkan resiko. Gejalanya termasuk tingginya biaya gudang/penyimpanan produk jadi, area penyimpanan dan area kerja berantakan.
11) Optimasi Manajemen Supply Chain
Mengurangi biaya langsung dan tak langsung dengan meletakkan fokus kepada aspek    finansial, material, dan aliran informasi dalam melakukan perencanaan/penjadwalan. Hal ini perlu dilakukan jika ada biaya pembelian bahan mentah yang tinggi, biaya manajemen inventori yang tinggi, pabrik, gudang, dan area yang tidak terorganisir dengan baik, inventori berlebih di akhir tahun.
12) Manajemen Transportasi
Mengurangi biaya variabel langsung dengan mengoptimasi ukuran lot pengiriman, mengkonsolidasikan pengiriman, dan meningkatkan efisiensi pengangkutan. Perlu dilakukan jika perusahaan menanggung biaya transportasi (inbound dan outbound) yang tinggi, biaya modal per unit tinggi.
 
5. Datanglah ke supermarket , contoh : Jogja,Hypermart,dan lain-lain. Lihatlah produk-produk yang menjadi pajangan supermarket. Menurut Anda bagaimana sebaiknya saluran dan strategi distribusi yang akan dijalankan sehingga dapat meminimalisasi biaya perusahaan?
Jawab :
Tenaga kerja
Untuk menekan biaya, maka kita harus mengupayakan agar tenaga kerja kita mampu bekerja dengan produktifitas semaksimal mungkin. Sebaiknya, tentukan target kerja yang harus dicapai setiap karyawan agar mereka bisa bekerja semaksimal mungkin di bidangnya masing-masing.
Peralatan
Pembelian dan penggunaan peralatan harus sesuai prosedur agar peralatan tersebut memiliki usia pakai seperti yang telah direncanakan para pemilik perusahaan. Jika peralatan  yang dibeli kualitasnya di bawah rata-rata dan dipergunakan dengan cara yang tidak semestinya, pastinya akan menimbulkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Untuk itu sebelum membeli dan menggunakan peralatan-peralatan, perhitungkan dengan matang agar tak ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan.
Biaya operasional dan overhead
Selalu mencari terobosan/ cara baru agar operasional perusahaan bisa berjalan lebih efisien. Contohnya seperti mengusahakan untuk mencari cara efektif untuk meminimalisir biaya operasional.

Demikian beberapa cara untuk menghemat biaya produksi, sehingga keuntungan bisa lebih dimaksimalkan.

6. Strategi distribusi yang bagaimanakah yang dapat digunakan untuk dapat menjangkau distribusi barang sampai ke pelosok-pelosok daerah,Jelaskan pendapat saudara.
Jawab :
Upaya untuk mewujudkan kemandirian ekonomi Jawa Tengah membutuhkan dukungan dari segenap elemen masyarakat. Salah satu elemen penting untuk mendukung upaya tersebut adalah peran nyata dari koperasi. Keberadan koperasi memiliki prospek yang bagus sebagai penggerak ekonomi rakyat karena kekhasan dari koperasi yang tidak dimiliki oleh lembaga ekonomi lain. Koperasi sangat sesuai dengan asas ekonomi yang diinginkan oleh "bapak bangsa" kita untuk mengantar perekonomian Indonesia menuju pada suatu kemakmuran. Semboyan "makmur dalam kebersamaan dan bersama dalam kemakmuran" bisa diwujudkan dalam wadah koperasi. Dengan asas usaha dari, oleh dan untuk anggota, koperasi telah memposisikan diri sebagai mitra sejajar dalam berusaha.

7. Sebutkan dan jelaskan faktor apa sajakah menurut saudara dapat memengaruhi distribusi suatu barang.
Jawab :
a.       Informasi
Pengumpulan dan penyebaran informasi riset pemasaran.
b.      Promosi
Pengembangan dan penyebaran komuaikasi yang persuasif mengenai pemasaran.
c.       Pemasaran
Komurtikasi saluran kebelakang mengenai minat pembeli.
d.      Pembiayaan
Permintaan dan penyebaran dana uatuk meautup biaya dari saluran pemasaran tersebut.
e.       Pengambilaa resiko
Perkiraan mengenai resiko sehubungan dengan pekerjaan luran pemasaran.
f.       Posesi fisik
Peayimpanan barang dan penjualan barang secara fisik dari bahan mentah sampai ke konsumen akhir.
g.      Pembayaran
Pembeli membayar faktur mereka lewat bank atau lembaga keuangan lainnya kepada penjual atas produk atau jasa yang telah diberikan.
h.      Kepemilikan
Kepindahan keperrtilikan dari satu lembaga ke lembaga lain akibat dari adanya pemasaran

8. Buatkan sebuah model sederhana terkait distribusi yang memengaruhi suatu barang.
Jawab :
MODEL SEDERHANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN
Proses pengambilan keputusan dapat dipandang sebagai tiga tahap yang berbeda namun memiliki hubungan satu sama lain diantaranya:
1) Tahap Input
Merupakan tahap yang mempengaruhi pengenalan konsumen terhadap kebutuhan atas produk dan terdiri dari dua sumber informasi utama, yaitu:
Usaha pemasaran perusahaan (produk itu sendiri, harganya, promosi dan dimana ia dijual),
Pengaruh sosiologis eksternal atas konsumen (keluarga, teman-teman, tetangga, sumber informal). Hal ini merupakan input yang mungkin mempengaruhi apa yang dibeli konsumen dan bagaimana mereka menggunakan apa yang mereka beli.
2) Tahap Proses
Merupakan tahap yang memfokuskan pada cara konsumen mengambil keputusan. Berbagai faktor psikologis yang melekat pada setiap individu, mempengaruhi input dari luar pada tahap input mempengaruhi pengenalan konsumen terhadap kebutuhan, pencarian informasi sebelum pembelian, dan evaluasi terhadap berbagai alternative.
3) Tahap Output
Merupakan pengambilan konsumen terdiri dari dua macam kegiatan setelah pengambilan keputusan yang berhubungan erat dengan perilaku membeli dan evaluasi setelah membeli. Percobaan merupakan tahap penyelidikan pada perilaku pembelian, yakni konsumen menilai produk melalui pemakaian langsung pembelian ulang biasanya menandakan penerimaan akan produk.

9. Faktor-faktor internal apa sajakah yang harus dipersiapkan dalam sistem distribusi barang.
 Jawab :
a. Sifat Barang
Sifat barang itu sendiri dapat dipakai sebagai dasar pertimbangan untuk menetapkan seluruh distribusi yang harus ditempuh. Sifat barang ini dapat berupa cepat tidaknya barang tersebut mengalami kerusakan atau  yang dapat mempengaruhi turunnya nilai barang  berpengaruh dalam penentuan rantai distribusi.
b. Sifat Pembayarannya
Dalam pemasaran barang, ada barang-barang tertentu yang memerlukan penyebaran seluas-luasnya baik secara vertikal maupun horizontal. Biasanya barang-barang tersebut merupakan kebutuhan umum, harga perunit rendah serta pembelian dari setiap konsumen relatif kecil.
c. Biaya
Secara umum, mata rantai saluran distribusi yang terlalu panjang akan menimbulkan biaya yang lebih besar dan mendorong harga jual yang tinggi dan selanjutnya dapat menggangu kelancaran penjualan barang-barang tersebut. Hal ini dapat dimaklumi sebab setiap mata rantai menginginkan keuntungan yang layak sebagai imbalan dari kegiatan mereka.
Untuk menekan harga penjualan maka perusahaan harus rela untuk mendapatkan keuntungan yang tipis atau mengusahakan agar komisi dari mata rantai tersebut menjadi lebih kecil
d. Modal
Sifat suatu barang terutama barang-barang industri harus dapat mendorong agar barang tersebut dapat diterima oleh konsumen atau lembaga industri. Salah satu caranya adalah menjual barang-barang tersebut secara konsinyasi atau piutang dalam tempo tertentu. Hal ini memerlukan dana yang tidak kecil. Kalau kita menggunakan grosir atau agen mungkin masalah modal sebagaimana kalau kita menjual langsung kepada pengecer.
e. Tingkat Keuntungan
Persaingan yang makin tajam dapat mendorong penjualan menjadi rendah. Dalam keadaan demikian tingkat keuntungan dari perusahaan menjadi lebih rendah. Apabila perusahaan menggunakan mata rantai saluran distribusi yang sangat panjang, dapat menyebabkan harga ke konsumen menjadi lebih tinggi, dan ini menggangu penjualan barang tersebut. Perusahaan yang kebetulan tingkat keuntungannya lebih tinggi akan lebih loss dalam menentukan saluran distribusinya, sebab walaupun perusahaan menetapkan mata rantai saluran distribusi yang panjang, tetapi karena keuntungan masih cukup tinggi, maka harga sampai ke konsumen masih dapat bersaing.
Pendapat diatas menekankan perlunya suatu analisis atas faktor-faktor yang menyangkut masalah fungsi-fungsi marketing, jenis-jenis barang serta keinginan konsumen, kemudian baru dapat menentukan pilihannya terhadap saluran distribusi yang dianggap.

10. Apakah dalam sistem distribusi saudara dapat menciptakan pasar baru , bagaimanakah caranya sehingga hal tersebut bisa tercapai.
Jawab :
Ya, bisa karena telah melalui survey terlebih dahulu. Sesuai kebutuhan di suatu tempat maka benda yang disebarpun akan tepat di pasaran dan sangat dibutuhkan.
Caranya adalah mengatur managemen sebaik mungkin agar tidak ada kecurangan didalamnya.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

3 Prajurit dan 3 kanibal,1,3D,1,Activity Diagram,1,Actuator,1,Agen,1,Analisis System,1,Android,3,Antivirus,1,Aplikasi IT,1,Artificial Intelligence,2,Augmented Reality,3,Basis Data,1,Brainware,1,Class Diagram,1,CMD,1,Contoh Artificial Intelligence Literatur,1,Contoh Program,1,Cpp,1,Database,1,Definisi Agen,1,Definisi Artificial Intelligence,1,Definisi Intelligence,1,Definisi Rationalitas,1,Deterministic/ Stochastik,1,Discrete/ Continuous,1,Entrepreneurship,12,Environment,1,Episodic/ Sequential,1,Faktorial,1,Flash Disk,1,Goal Test,1,Hardware,1,HTML,1,Implementasi,1,Initial State,1,Install,1,Jadwal Kegiatan,1,Jaringan,1,Kecerdasan Buatan,5,Kewirausahaan,11,Klasifikasi Komputer,1,Komputer analog,1,Komputer Digital,1,Komputer Hybrid,1,Konfigurasi,1,Korek Api,1,Kuliah Online Unikom,1,Large Scale Computer,1,Logika,2,LTE,1,Markerless,2,Medium Scale Computer,1,Menjadi Pebisnis Ulung,11,Microtic,1,Mobile,2,Model Pembangunan Perangkat Lunak,1,Museum Geologi,1,MySQL,1,Observable,1,Observasi,1,Operators,1,Pengenalan Artificial Intelligence,1,Perancangan Perangkat Lunak,1,PKM,5,PKM-KC,4,PKM-KC Gambaran Teknologi,1,Proposal,3,Rancangan Biaya,1,Repository Unikom,1,Sistem Basis Data,1,Sistem Komputer,1,Sistem Multimedia,6,Sistem Pakar,1,Small Scale Computer,1,Smart TV,1,Software,1,Squence Diagram,1,State,1,Static/ Dynamic,1,Studi Lapangan,1,Studi Literatur,1,Teknik Pengumpulan Data,1,Teknologi Masa Kini,1,Tips and Trik,2,Tsaqafah,1,Tutorial,1,UNIKOM,14,Unti3D,1,Use Case,1,Virus Shortcut,1,Vuforia SDK,1,Vuforia Structure,1,Waterfall,1,Wawancara,1,WIFI,1,WIMAX,1,
ltr
item
Ahmad Faisal Blog's: TUGAS BAB 9 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG
TUGAS BAB 9 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG
Ahmad Faisal Blog's
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/tugas-bab-9-entrepreneurship-menjadi.html
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/tugas-bab-9-entrepreneurship-menjadi.html
true
8569071378450365080
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy