Gambaran Teknologi yang Hendak Diterapkembangkan PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile

Dengan teknologi yang berkembang sekarang ini, khususnya teknologi mobile yang unggul dengan sisi ruang geraknya (mobilitas), user friendly...

Dengan teknologi yang berkembang sekarang ini, khususnya teknologi mobile yang unggul dengan sisi ruang geraknya (mobilitas), user friendly, serta praktis sehingga dapat menutupi kekurangan yang terdapat pada media saat ini. Merujuk terhadap kekeurangan yang ada maka dibangun aplikasi mobile dengan menggunakan teknologi Augmented Realty (AR). Aplikasi ini bertujuan menampilkan informasi secara real time berupa bentuk 3D maupun video di layar ponsel. Identifikasi pengenalan gambar diambil dari kamera ponsel seluler dapat dikenali sebagai markerless. Markerless AR inilah yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari beberapa bentuk benda benda koleksi museum yang tidak utuh dan ditampilkan informasi secara real time di layar ponsel seluler, khususnya android.

Salah satu aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang benda benda koleksi museum bagi pengunjung .Seperti hal yang sama saat pengunjung melihat benda benda koleksi museum secara langsung di dunia nyata, aplikasi ini didesain agar benda benda koleksi museum yang di tampilkan semirip mungkin dengan bentuk aslinya,sehingga pengunjung pun dapat mengetahui bentuk asli benda benda koleksi museum tersebut. 

Gambar  Analisis system yang akan dibangun

Dalam proses pencocokan gambar yang menjadi markerless dengan gambar yang telah ada didatabase ponsel ada beberapa proses yang dilakukan:
  1. Menentukan gambar objek benda koleksi museum  yang akan dijadikan sebuah marker.
  2. Menyisipkan gambar objek benda koleksi museum yang menjadi marker pada database.
  3. Mengambil gambar benda koleksi museum yang telah dijadikan marker melalui camera ponsel.
  4. Sistem pada ponsel akan menyesuaikan gambar yang ditangkap oleh kamera dengan gambar yang terdapat pada database ponsel.
  5. Jika gambar yang ditangkap oleh kamera sesuai dengan bentuk marker yang ada pada database maka gambar tersebut akan menghasilkan keluaran berupa informasi 3D ataupun video, sesuai dengan apa yang akan ditampilkan.


Gambar  Proses pencocokan markerless

Markerless merupakan salah satu teknologi tracking. Tracking jenis ini menggunakan objek nyata sebagai markernya. Proses tracking ini menggunakan tekstur gambar (berkas jenis gambar) yang disimpan dalam database ponsel sebagai sumber referensinya, dan membandingkan tekstur yang tertangkap oleh kamera dengan tekstur gambar yang ada di database markernya.

Model 3D yang akan ditampilkan di-load terlebih dahulu pada engine Unity3D. Agar aplikasi dapat menampilkan objek 3D tertentu tanpa merubah atau membangun ulang aplikasi, diperlukan sebuah file format .3DS , .OBJ atau .FBX untuk menentukan objek 3D yang akan diload di Unity3D. Pembuatan objek 3D sampai dengan ringgingnya menggunakan engine Blender, setelah di buat lalu diekspor ke format .3DS , .OBJ atau .FBX agar dapat dieksport melalui Unity3D.

Aplikasi Augmented Reality yang telah dirancang menggunakan Unity 3D dapat digunakan atau dapat diimplementasikan dalam aplikasi mobile harus dengan menggunakan sebuah library, libray tersebut yaitu berupa Vuforia SDK untuk Android [8], dimana didalam library tersebut berupa fungsi fungsi yang digunakan untuk memanggil scenario AR serta menyertakan class Component untuk mengatur segala inisialisasi pada framelayout dan untuk mengatur segala aktivitas aplikasi mobile, sehingga aplikasi dapat di compile di sistem operasi android.
 
Gambar  Implementasi mobile


COMMENTS

Name

3 Prajurit dan 3 kanibal,1,3D,1,Activity Diagram,1,Actuator,1,Agen,1,Analisis System,1,Android,3,Antivirus,1,Aplikasi IT,1,Artificial Intelligence,2,Augmented Reality,3,Basis Data,1,Brainware,1,Class Diagram,1,CMD,1,Contoh Artificial Intelligence Literatur,1,Contoh Program,1,Cpp,1,Database,1,Definisi Agen,1,Definisi Artificial Intelligence,1,Definisi Intelligence,1,Definisi Rationalitas,1,Deterministic/ Stochastik,1,Discrete/ Continuous,1,Entrepreneurship,12,Environment,1,Episodic/ Sequential,1,Faktorial,1,Flash Disk,1,Goal Test,1,Hardware,1,HTML,1,Implementasi,1,Initial State,1,Install,1,Jadwal Kegiatan,1,Jaringan,1,Kecerdasan Buatan,5,Kewirausahaan,11,Klasifikasi Komputer,1,Komputer analog,1,Komputer Digital,1,Komputer Hybrid,1,Konfigurasi,1,Korek Api,1,Kuliah Online Unikom,1,Large Scale Computer,1,Logika,2,LTE,1,Markerless,2,Medium Scale Computer,1,Menjadi Pebisnis Ulung,11,Microtic,1,Mobile,2,Model Pembangunan Perangkat Lunak,1,Museum Geologi,1,MySQL,1,Observable,1,Observasi,1,Operators,1,Pengenalan Artificial Intelligence,1,Perancangan Perangkat Lunak,1,PKM,5,PKM-KC,4,PKM-KC Gambaran Teknologi,1,Proposal,3,Rancangan Biaya,1,Repository Unikom,1,Sistem Basis Data,1,Sistem Komputer,1,Sistem Multimedia,6,Sistem Pakar,1,Small Scale Computer,1,Smart TV,1,Software,1,Squence Diagram,1,State,1,Static/ Dynamic,1,Studi Lapangan,1,Studi Literatur,1,Teknik Pengumpulan Data,1,Teknologi Masa Kini,1,Tips and Trik,2,Tsaqafah,1,Tutorial,1,UNIKOM,14,Unti3D,1,Use Case,1,Virus Shortcut,1,Vuforia SDK,1,Vuforia Structure,1,Waterfall,1,Wawancara,1,WIFI,1,WIMAX,1,
ltr
item
Ahmad Faisal Blog's: Gambaran Teknologi yang Hendak Diterapkembangkan PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile
Gambaran Teknologi yang Hendak Diterapkembangkan PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0CWTgDvk8xL4ZQRd5Sco6QocqPlNXieR-ERDA-WxqYHn1VGwAVrHW2FUYOETM7Lpaz74CAoGb5qHVfO1-biMTZcJdzPzo4tabjX2W_6IHJ0Z-rKDGOf3hHX3T4kXZT50UL5h2KYa1y7g/s640/aktivity.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0CWTgDvk8xL4ZQRd5Sco6QocqPlNXieR-ERDA-WxqYHn1VGwAVrHW2FUYOETM7Lpaz74CAoGb5qHVfO1-biMTZcJdzPzo4tabjX2W_6IHJ0Z-rKDGOf3hHX3T4kXZT50UL5h2KYa1y7g/s72-c/aktivity.png
Ahmad Faisal Blog's
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/gambaran-teknologi-yang-hendak.html
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/gambaran-teknologi-yang-hendak.html
true
8569071378450365080
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy