1. Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan ini. Beri contoh pada bisni...
1.
Kegiatan pemasaran harus
menghasilkan win-win solution. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan
ini. Beri contoh pada bisnis yang riil!
Jawaban :
Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution artinya
pelanggan ingin membeli produk kalau produk tersebut sesuai dengan
keinginannya. Sebaliknya perusahaan dapat memperoleh profit dari produk yang
dihasilkannya kalau produk tersebut di beli oleh pelanggan. Berdasarkan profit
tersebut, perusahaan dapat melanjutkan bisnisnya hingga ia dapat memenuhi
keinginan pelanggan lebih besar di masa yang akan datang. Dengan kata lain
perusahaan selalu berpedoman atau berfokus kepada nilai-nilai yang terdapat dalam
diri pelanggan, sehingga kegiatan pemasaran tersebut dapat berhasil dengan baik.
Contoh : saya berbisnis di bidang pakaian, konsumen akan membeli
produk saya jika produk yang saya jual memenuhi keinginan pembeli, dan pastinya
harga jualnya menghasilkan keuntungan bagi saya. Saya memberikan kualitas dan
barang, maka konsumen mendapatkan barang yang dia inginkan dengan kualitas
bagus.
2.
Jika anda produsen suatu
produk, strategi pemasaran apa yang akan anda lakukan untuk memenangkan
persaingan yang semakin ketat? Beri contoh produk dan strategi yang riil!
Jawaban :
Produk Segala Jenis Pakaian.
a.
Segmentasi Pasar
Untuk Segmentasi Pasar kami memilih
segmentasi sesuai dengan geografis.
b.
Memilih Pasar Sasaran
Pemasaran serbaaneka, Kami akan
menjual banyak baju tebal di daerah dingin dan akan menjual banyak baju yang
tidak panas untuk dipakai di daerah yang bersuhu panas.
c.
Posisi Produk
Membuat unikness dari setiap produk
yang dibuat supaya konsumen mengetahui posisi produk asli yang dibuat bisnis
kita.
d.
Strategi Bauran Pemasaran
Yaitu memaksimalkan empat elemen
yaitu produk pakaian yang bisnis kami buat, harganya dapat menguntungkan
konsumen dan tentunya kita selaku pembisnis, distribusi atau pengadaan barang
lebih dipercepat dan tidak memakan dana lebih yang terakhir promosi untuk
mengenalkan produk kita.
e.
Produk
Dalam bisnis yang akan saya jalankan
mereknya pasti unik, design produk nya up to date, harganya menguntungkan
konsumen dan pembisnis, citranya dibuat seindah mungkin, pelayan prima, waktu
pengiriman tepat waktu, mutu berkualitas dan pastinya original.
f.
Strategi Perluasan Pemasaran
Produk
·
Strategi Penetrasi Pasar
·
Strategi Pengembangan Pasar
·
Strategi pengembangan produk
g.
Harga
Harga yang akan kami keluarkan
pastinya tidak akan merugikan perusahaan dan menguntungkan konsumen.
h.
Distribusi
Dalam proses distribusi pakaian kami
akan mempertimbangkan pemilihan saluran
·
Tingkat Kelangsungan Saluran
·
Jumlah Anggota Saluran
·
Kriteria Dalam Pemilihan
Anggota Saluran
·
Jumlah Saluran
i.
Promosi
Promosi yang akan kami lakukan apabila
biaya memungkinkan yaitu promosi di televisi, media cetak, media online, media
suara atau radio, poster, pamplet browsur, selembaran kertas, dan discount.
3.
Pemasaran berorientasi pada
kepuasan pelanggan. Menurut anda apakah semua pelanggan perlu dipertahankan?
Jika ya, mengapa? Jika tidak, pelanggan seperti apa yang tidak perlu
dipertahankan?
Jawaban :
Pelanggan yang baik, sopan, punya tatak rama, bisa saling menghargai
antara pelayan dan konsumen dan menguntungkan bisnis kita, itu wajib kita
pertahankan sebisa mungkin. Namun ketika konsumen yang rewel yang membuat
konsumen lain terabaikan, membuat jengkel pelayan apalagi sampai memaki
pelayan, konsumen yang seperti itu boleh ditinggalkan saja. Karena, hal itu
dapat mengurangi kualitas kerja pelayan kepada konsumen yang lain, sehingga
perusahaan akan mengalami penurunan.
4.
Buatlah contoh kalimat iklan
yang menarik atau jargon yang ear catching bagi bisnis sebuah restoran!
Jawaban :
“Jika Rasanya Enak Beritahu Keluarga, Jika
Rasanya Gak Enak Beritahu Kami”
5.
Jika anda memiliki bisnis
pakaian, coba jelaskan segmentasi pasar yang mana yang akan anda pilih dan
mengapa?
Jawaban :
Segmentasi pasar yang saya pilih adalah segmentasi yang dipengaruhi
oleh Geografis, karena produk yang akan saya pasarkan berupa pakaian misalnya
pakaian tebal akan lebih laku dari pada pakaian biasa di daerah dingin contoh
di daerah ciwidey karena suhu disana dingin. Dan pakaian yang tidak terlalu
membuat panas akan laku di daerah panas contoh di daerah cikarang.
6.
Seandainya anda produsen sebuah
merek minuman, coba berikan contoh bagaimana anda memodifikasi produk anda agar
tetap menjadi produk terdepan!
Jawaban :
Memodifikasi minuman bisa dengan berbagai cara yaitu diantaranya :
a.
Modifikasi Rasa, buat berbagai
rasa yang menarik konsumen.
b.
Modifikasi Botol atau apapun
tempat minuman itu disajikan, supaya unik.
c.
Modifikasi Warna minuman, buat
warna yang menarik dengan berbagai rasa yang unik.
d.
Modifikasi Logo Minuman.
e.
Modifikasi Takaran Saji. Buat
ukuran small, medium, big, super big.
7.
Buatlah analisis SWOT dari
usaha impian anda di masa depan!
Jawaban :
a.
Kekuatan (Strength)
·
Pakaian merupakan kebutuhan
pokok manusia sehingga keberlangsungan toko ini dapat terjamin.
·
Knowledge atau kepakaran yang
dimiliki dalam hal pakaian.
·
Produk baru atau pelayanan yang
unik.
·
Kualitas produk yang bagus dan
proses pembuatannya lebih efisien.
·
Pengorganisasian pada bisnis
ini sudah tersusun dengan rapi.
·
Lokasi usaha yang terletak di
kawasan/daerah yang padat penduduknya.
b.
Kelemahan (Weaknesses)
·
Merek yang kami buat belum
terkenal karena masih pemula.
·
Kurangnya pengetahuan marketing.
·
Produk yang tidak terlalau berbeda
dengan produk kompetitor
·
Usahanya dibangun dari kecil.
·
Modal yang kurang untuk
melengkapi fasilitas yang belum ada pada usaha bisnis pakaian.
·
Ada beberapa pesaing yang sudah
terlebih dahulu berdiri sehingga menuntut inovatif dan kreatif bagi pengusaha
yang ingin membuka usaha dalam bidang yang sama.
c.
Kesempatan (Opportunites)
·
Pasar yang luang karena
kompetitor yang tidak sanggup memenuhi keinginan konsumen.
·
Pasar yang sedang berkembang.
·
Kerjasama dengan 2-3 perusahaan
atau aliansi
·
Segmen pasar yang baru
·
Pasar internasional
·
Persaingan yang belum terlalu
banyak.
·
Dengan daya inovatif dan
kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.
d.
Ancaman (Threats)
·
Kualitas Kompetitor lebih
bagus.
·
Kompetitor baru di area yang
sama.
·
Persaingan harga dengan
kompetitor.
·
Kompetitor mengeluarkan produk
baru yang inovatif.
·
Kompetitor memegang pangsa
pasar terbesar.
·
Diperkenalkannya pajak
penjualan.
8.
Siapa pesaing terberat dari
usaha impian anda itu? Mengapa?
Jawaban :
Pesaing terberat dalam bisnis yang saya rencanakan adalah jenis
Persaingan Bentuk, karena bisnis yang saya rencanakan dibidang pakaian dengan
berbagai jenis pakaian baik itu jacket, kaos, celana dan masih banyak
produk-produk yang lain yang pastinya bersaing dalam industri pakaian yang
membuat produk atau kelas produk yang sama.
9.
Bagaimana strategi mendapatkan
pelanggan bagi bisnis anda tersebut?
Jawaban :
Mengambil posisi berhadapan langsung dengan pesaing (head to head
positioning)
Misalnya, dengan mengembangkan karakteristik khusus atau unikness
pada produk yang akan saya buat sehingga produk yang kami miliki memiliki
kelebihan dibandingkan dengan produk pesaing, menurunkan harga, meningkatkan
promosi melalui bauran promosi yang efektif.
10.
Sebutkan contoh produk yang
booming saat ini dan menurut anda apa yang menyebabkan produk tersebut berhasil
merebut perhatian konsumen?
Jawaban
:
Yang sedang booming pada saat ini khususnya
dalam bisnis pakaian di indonesia yaitu jenis pakaian hijab. Karena, mayoritas
di indonesia beragama islam bagi setiap muslimah hukumnya wajib menutup aurat
dari pandangan orang lain agar tidak menyebabkan fitnah dan dosa, mereka mulai
sadar bahwa hidup itu tidak hanya di dunia saja, melainkan ada kehidupan yang
abadi dan hari pembalasan nanti di akhirat.
COMMENTS