1. Pembuatan sebuah produk harus memperhatikan 3 aspek utama jelaskan mengenai hal tersebut dan apa manfaatnya baik bagi perusahaa...
1.
Pembuatan sebuah produk harus memperhatikan 3 aspek utama jelaskan
mengenai hal tersebut dan apa manfaatnya baik bagi perusahaan maupun bagi
konsumen.
Jawab:
Bertujan pada manfaat
- manfaat penggunaan
- manfaat psikologis
- manfaat dalam mengatasi masalah
- manfaat penggunaan
- manfaat psikologis
- manfaat dalam mengatasi masalah
Visualisasi produk
- atribut dan keistimewaan produk
- kualitas produk
- corak produk
- kemasan dan label produk
- brand
- atribut dan keistimewaan produk
- kualitas produk
- corak produk
- kemasan dan label produk
- brand
Menambah nilai produk
- garansi
- kemudahan instalasi
- pengiriman
- ketersediaan di pasar
- layanan purnajual
- garansi
- kemudahan instalasi
- pengiriman
- ketersediaan di pasar
- layanan purnajual
2. Dalam merencanakan tawaran
pasar,pentingnya memikirkan tingkatan produk , jelaskan tingkatan dalam tawaran
pasar tersebut.
Jawab :
Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk
sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual
yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk
tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan
pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari
keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan
marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan
ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang
rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah
untuk menarik minat konsumen.
Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual
jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat
permintaan konsumen yang turun.
Ketersediaan dan harga barang
pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar
dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang
lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun
dikurangi.
Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa
mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output
produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik
akibat berbagai faktor.
Penawaran adalah jumlah barang yang
produsen ingin tawarkan atau jual pada bebrbagai tingkat harga selama satu
periode waktu tertentu.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran :
Harga Barang/Jasa
Ketika harga naik, penjual akan menambah
jumlah barang karena ingin memperoleh keuntungan yang besar. Ketika harga
turun, penjual akan mengurangi jumlah barang yang dijualnya karena takut
mengalami kerugian.
Harga Input/Biaya Produksi
Harga input turut mempengaruhi kuantitas
yang ditawarkan. Ketika harga tenaga kerja, modal, bahan baku, dan bahan
pembantu naik, produsen akan terdorong untuk mengurangi kuantitas yang
ditawarkan karena menanggung biaya yang lebih besar.
Teknologi Produksi
Teknologi produksi yang digunakan ikut
mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan sehingga mempengaruhi penawaran.
Ekspektasi Penjual/Produsen
Jika penjual memperkirakan harga barang
tersebut akan naik, maka ia akan menambah kauntitas barang tersebut. Begitu
juga sebaliknya, jika produsen memperkirakan harga barang akan turun, maka ia
akan mengurangi kuantitas barang yang dijualnya.
Keuntungan yang Diinginkan oleh Produsen
Besar-kecilnya keuntungan yang diinginkan
oleh produsen akan ikut mempengaruhi besar-kecilnya harga jual sehingga jumlah
barang yang ditawarkan pun akan banyak terpengaruhi. Semakin besar keuntungan
yang akan diperoleh semakin besar harga jual dan semakin banyak barang yang
ditawarkan, sebaliknya semakin kecil keuntungan semakin rendah harga jual, maka
semakin sedikit harga yang ditawarkan.
Banyaknya Penjual/Pesaing
Banyak atau sedikitnya jumlah penjual
berpengaruh terhadap besar-kecilnya harga dan jumlah barang yang ditawarkan.
3. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi
produk berdasarkan daya tahan dan wujudnya dan berikan contoh aplikasinya dalam
IT.
Jawab :
Berdasarkan Wujudnya :
Barang adalah merupakan produk yang
berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba atau disentuh, dirasa, dipegang,
disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya. Contoh : TV, Laptop,
Handphone.
Jasa
adalah aktivitas, manfaat dan kepuasan yang ditawarkan untuk dijual
(dikonsumsi pihak lain). Contoh : Web Hosting, Advertising dll.
Barang tidak tahan lama (nondurable goods).
Barang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi
dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Dengan kata lain, umur ekonomisnya
dalam kondisi pemakaian normal kurang dari satu tahun. Contohnya: Pulsa
hanphone dan pulsa listrik.
Barang tahan lama (durable goods). Barang
tahan lama merupakan barang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan
banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun
lebih). Contohnya: Kamera dan Komputer.
4. Sebutkan dan jelaskan yang
termasuk ke dalam barang konsumen dan berikan contoh aplikasiny dalam Teknologi
Informasi.
Jawab :
a) Barang konsumsi (consumer’s goods)
Barang konsumsi merupakan suatu produk yang langsung dapat dikonsumsi tanpa melalui pemrosesan lebih lanjut untuk memperoleh manfaat dari produk tersebut. Contoh : pulsa, kamera, komputer.
Barang konsumsi merupakan suatu produk yang langsung dapat dikonsumsi tanpa melalui pemrosesan lebih lanjut untuk memperoleh manfaat dari produk tersebut. Contoh : pulsa, kamera, komputer.
5. Sebutkan dan jelaskan yang termasuk ke dalam barang industri dan berikan contoh aplikasinya dalam Teknologi informasi.
Jawab :
Barang industri merupakan suatu jenis produk yang masih memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mendapatkan suatu manfaat tertentu. Biasanya hasil pemrosesan dari barang industri diperjual belikan kembali.
Pada umumnya barang konsumen dibedakan menjadi empat jenis :
a) Convenience goods
Merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi (sering dibeli), dibutuhkan dalam waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. Contohnya pulsa .
b) Shopping goods
Barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia. Contohnya Handphone dan Flashdisk.
c) Specialty goods
Barang-barang yang memiliki karakteristik dan/atau identifikasi merek yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya. Contoh Kamera Canon dan Macbook.
Barang industri merupakan suatu jenis produk yang masih memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mendapatkan suatu manfaat tertentu. Biasanya hasil pemrosesan dari barang industri diperjual belikan kembali.
Pada umumnya barang konsumen dibedakan menjadi empat jenis :
a) Convenience goods
Merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi (sering dibeli), dibutuhkan dalam waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. Contohnya pulsa .
b) Shopping goods
Barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia. Contohnya Handphone dan Flashdisk.
c) Specialty goods
Barang-barang yang memiliki karakteristik dan/atau identifikasi merek yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya. Contoh Kamera Canon dan Macbook.
d) Unsought goods
Merupakan barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau kalaupun sudah diketahui, tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya. Contohnya TV kabel .
Merupakan barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau kalaupun sudah diketahui, tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya. Contohnya TV kabel .
6. Sebutkan dan jelaskan yang
termasuk ke dalam bauran produk dan berikan contoh aplikasinya dalam Teknologi
informasi.
Jawab:
Bauran produk (disebut juga variasi produk)
merupakan satu set produk dan unit produk yang ditawarkan penjual bagi pembeli
Misalnya bauran produk Sony terdiri dari :
produk audio, produk video, produk komputer, produk game, produk software
(musik/film)
Bauran produk memiliki lebar,
panjang, kedalaman dan konsistensinya.
7. Jelaskan bagaimana saudara
untuk dapat membuat produk baru yang lebih kompetitif dalam persaingan di
pasar.
Jawab :
Memperkenalkan dulu produk yang kita buat
(promosi).
Memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.
Membuat inovasi-inovasi terbaru.
8. Bagaimana caranya saudara
menciptakan pasar baru bagi produk baru yang telah dihasilkan saudara tersebut.
Jawab :
Menghindari persaingan
Menstabilkan harga , menurunkan harga agar
lebih terjangkau.
Membuat terobosan baru.
9. Saudaara berikan beberapa contoh
pasar baru yang bisa diciptakan berbasis Teknologi informasi.
Jawab :
Pengembang perangkat lunak atau software.
10. Pembuatan produk harus
memperhatikan kualitas, apa makna kualitas produk baik bagi perusahaan maupun
bagi konsumen?
Jawab:
Bagi perusahaan kualitas adalah kualitas
adalah kesesuaian terhadap spesifikasi, dalam hal ini produsen memberikan
toleransi tertentu yang dispesifikasikan untuk atribut-atribut kritis dari
setiap bagian yang dihasilkan.
Bagi konsumen kualitas adalah nilai
(value), yaitu seberapa baik suatu produk atau jasa menyediakan tujuan yang
dimaksudkan dengan tingkat harga yang bersedia dibayar konsumen dalam menilai
kualitas.
11. Pembuatan produk harus memperhatikan
titik impas produksi mengapa manajemen perusahaan sangat berkepentingan
terhadap titik impas tersebut?
Jawab :
Karena titik impas adalah titik dimana
kondisi tidak terjadi keuntungan maupun kerugian atas usaha, guna menilai
potensi pendapatan di perusahaan tersebut.
12. Pada pemasaran produk manakah yang
sebaiknya dipilih, mengejar omzet penjualan, ataukah mengejar kualitas
dibandingkan kuantitas untuk mempertahankan pangsa pasar perusahaan?
Jawab:
Menurut saya lebih baik mengejar kualitas
dibandingan kuantitas karena, jika produk tersebut berkualitas maka konsumen
pun tak akan ragu untuk membeli walau harganya agak lebih mahal.
COMMENTS