TUGAS BAB 8 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG

1.   Pembuatan sebuah produk harus memperhatikan 3 aspek utama jelaskan mengenai hal tersebut dan apa manfaatnya baik bagi perusahaa...

1.  Pembuatan sebuah produk harus memperhatikan 3 aspek utama jelaskan mengenai hal tersebut dan apa manfaatnya baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen.
Jawab:
Bertujan pada manfaat
- manfaat penggunaan
- manfaat psikologis
- manfaat dalam mengatasi masalah
Visualisasi produk
- atribut dan keistimewaan produk
- kualitas produk
- corak produk
- kemasan dan label produk
- brand
Menambah nilai produk
- garansi
- kemudahan instalasi
- pengiriman
- ketersediaan di pasar
- layanan purnajual


2.  Dalam merencanakan tawaran pasar,pentingnya memikirkan tingkatan produk , jelaskan tingkatan dalam tawaran pasar tersebut.
Jawab :
Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan atau jual pada bebrbagai tingkat harga selama satu periode waktu tertentu.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran :
Harga Barang/Jasa
Ketika harga naik, penjual akan menambah jumlah barang karena ingin memperoleh keuntungan yang besar. Ketika harga turun, penjual akan mengurangi jumlah barang yang dijualnya karena takut mengalami kerugian.
Harga Input/Biaya Produksi
Harga input turut mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan. Ketika harga tenaga kerja, modal, bahan baku, dan bahan pembantu naik, produsen akan terdorong untuk mengurangi kuantitas yang ditawarkan karena menanggung biaya yang lebih besar.
Teknologi Produksi
Teknologi produksi yang digunakan ikut mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan sehingga mempengaruhi penawaran.
Ekspektasi Penjual/Produsen
Jika penjual memperkirakan harga barang tersebut akan naik, maka ia akan menambah kauntitas barang tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika produsen memperkirakan harga barang akan turun, maka ia akan mengurangi kuantitas barang yang dijualnya.
Keuntungan yang Diinginkan oleh Produsen
Besar-kecilnya keuntungan yang diinginkan oleh produsen akan ikut mempengaruhi besar-kecilnya harga jual sehingga jumlah barang yang ditawarkan pun akan banyak terpengaruhi. Semakin besar keuntungan yang akan diperoleh semakin besar harga jual dan semakin banyak barang yang ditawarkan, sebaliknya semakin kecil keuntungan semakin rendah harga jual, maka semakin sedikit harga yang ditawarkan.
Banyaknya Penjual/Pesaing
Banyak atau sedikitnya jumlah penjual berpengaruh terhadap besar-kecilnya harga dan jumlah barang yang ditawarkan.

3.  Sebutkan dan jelaskan klasifikasi produk berdasarkan daya tahan dan wujudnya dan berikan contoh aplikasinya dalam IT.
Jawab :
Berdasarkan Wujudnya :
Barang adalah merupakan produk yang berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba atau disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya. Contoh : TV, Laptop, Handphone.
Jasa  adalah aktivitas, manfaat dan kepuasan yang ditawarkan untuk dijual (dikonsumsi pihak lain). Contoh : Web Hosting, Advertising dll.

Barang tidak tahan lama (nondurable goods). Barang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Dengan kata lain, umur ekonomisnya dalam kondisi pemakaian normal kurang dari satu tahun. Contohnya: Pulsa hanphone dan pulsa listrik.

Barang tahan lama (durable goods). Barang tahan lama merupakan barang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun lebih). Contohnya: Kamera dan Komputer. 

4.   Sebutkan dan jelaskan yang termasuk ke dalam barang konsumen dan berikan contoh aplikasiny dalam Teknologi Informasi.
Jawab :
a) Barang konsumsi (consumer’s goods)
Barang konsumsi merupakan suatu produk yang langsung dapat dikonsumsi tanpa melalui pemrosesan lebih lanjut untuk memperoleh manfaat dari produk tersebut. Contoh : pulsa, kamera, komputer.

5.   Sebutkan dan jelaskan yang termasuk ke dalam barang industri dan berikan contoh aplikasinya dalam Teknologi informasi.
Jawab :
Barang industri merupakan suatu jenis produk yang masih memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mendapatkan suatu manfaat tertentu. Biasanya hasil pemrosesan dari barang industri diperjual belikan kembali.
Pada umumnya barang konsumen dibedakan menjadi empat jenis :
a) Convenience goods
Merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi (sering dibeli), dibutuhkan dalam waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. Contohnya pulsa .
b) Shopping goods
Barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia. Contohnya Handphone dan Flashdisk.
c) Specialty goods
Barang-barang yang memiliki karakteristik dan/atau identifikasi merek yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya. Contoh Kamera Canon dan Macbook.
d) Unsought goods
Merupakan barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau kalaupun sudah diketahui, tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya. Contohnya TV kabel .

6.  Sebutkan dan jelaskan yang termasuk ke dalam bauran produk dan berikan contoh aplikasinya dalam Teknologi informasi.
Jawab:
Bauran produk (disebut juga variasi produk) merupakan satu set produk dan unit produk yang ditawarkan penjual bagi pembeli
Misalnya bauran produk Sony terdiri dari : produk audio, produk video, produk komputer, produk game, produk software (musik/film)
Bauran produk memiliki lebar, panjang,  kedalaman dan konsistensinya.

7.   Jelaskan bagaimana saudara untuk dapat membuat produk baru yang lebih kompetitif dalam persaingan di pasar.
Jawab :
Memperkenalkan dulu produk yang kita buat (promosi).
Memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.
Membuat inovasi-inovasi terbaru.

8.  Bagaimana caranya saudara menciptakan pasar baru bagi produk baru yang telah dihasilkan saudara tersebut.
Jawab :
Menghindari persaingan
Menstabilkan harga , menurunkan harga agar lebih terjangkau.
Membuat terobosan baru.

9.  Saudaara berikan beberapa contoh pasar baru yang bisa diciptakan berbasis Teknologi informasi.
Jawab :
Pengembang perangkat lunak atau software.

10.  Pembuatan produk harus memperhatikan kualitas, apa makna kualitas produk baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen?
Jawab:
Bagi perusahaan kualitas adalah kualitas adalah kesesuaian terhadap spesifikasi, dalam hal ini produsen memberikan toleransi tertentu yang dispesifikasikan untuk atribut-atribut kritis dari setiap bagian yang dihasilkan.
Bagi konsumen kualitas adalah nilai (value), yaitu seberapa baik suatu produk atau jasa menyediakan tujuan yang dimaksudkan dengan tingkat harga yang bersedia dibayar konsumen dalam menilai kualitas.

11. Pembuatan produk harus memperhatikan titik impas produksi mengapa manajemen perusahaan sangat berkepentingan terhadap titik impas tersebut?
Jawab :
Karena titik impas adalah titik dimana kondisi tidak terjadi keuntungan maupun kerugian atas usaha, guna menilai potensi pendapatan di perusahaan tersebut.

12. Pada pemasaran produk manakah yang sebaiknya dipilih, mengejar omzet penjualan, ataukah mengejar kualitas dibandingkan kuantitas untuk mempertahankan pangsa pasar perusahaan?
Jawab:
Menurut saya lebih baik mengejar kualitas dibandingan kuantitas karena, jika produk tersebut berkualitas maka konsumen pun tak akan ragu untuk membeli walau harganya agak lebih mahal.

COMMENTS

Name

3 Prajurit dan 3 kanibal,1,3D,1,Activity Diagram,1,Actuator,1,Agen,1,Analisis System,1,Android,3,Antivirus,1,Aplikasi IT,1,Artificial Intelligence,2,Augmented Reality,3,Basis Data,1,Brainware,1,Class Diagram,1,CMD,1,Contoh Artificial Intelligence Literatur,1,Contoh Program,1,Cpp,1,Database,1,Definisi Agen,1,Definisi Artificial Intelligence,1,Definisi Intelligence,1,Definisi Rationalitas,1,Deterministic/ Stochastik,1,Discrete/ Continuous,1,Entrepreneurship,12,Environment,1,Episodic/ Sequential,1,Faktorial,1,Flash Disk,1,Goal Test,1,Hardware,1,HTML,1,Implementasi,1,Initial State,1,Install,1,Jadwal Kegiatan,1,Jaringan,1,Kecerdasan Buatan,5,Kewirausahaan,11,Klasifikasi Komputer,1,Komputer analog,1,Komputer Digital,1,Komputer Hybrid,1,Konfigurasi,1,Korek Api,1,Kuliah Online Unikom,1,Large Scale Computer,1,Logika,2,LTE,1,Markerless,2,Medium Scale Computer,1,Menjadi Pebisnis Ulung,11,Microtic,1,Mobile,2,Model Pembangunan Perangkat Lunak,1,Museum Geologi,1,MySQL,1,Observable,1,Observasi,1,Operators,1,Pengenalan Artificial Intelligence,1,Perancangan Perangkat Lunak,1,PKM,5,PKM-KC,4,PKM-KC Gambaran Teknologi,1,Proposal,3,Rancangan Biaya,1,Repository Unikom,1,Sistem Basis Data,1,Sistem Komputer,1,Sistem Multimedia,6,Sistem Pakar,1,Small Scale Computer,1,Smart TV,1,Software,1,Squence Diagram,1,State,1,Static/ Dynamic,1,Studi Lapangan,1,Studi Literatur,1,Teknik Pengumpulan Data,1,Teknologi Masa Kini,1,Tips and Trik,2,Tsaqafah,1,Tutorial,1,UNIKOM,14,Unti3D,1,Use Case,1,Virus Shortcut,1,Vuforia SDK,1,Vuforia Structure,1,Waterfall,1,Wawancara,1,WIFI,1,WIMAX,1,
ltr
item
Ahmad Faisal Blog's: TUGAS BAB 8 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG
TUGAS BAB 8 ENTREPRENEURSHIP MENJADI PEBISNIS ULUNG
Ahmad Faisal Blog's
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/tugas-bab-8-entrepreneurship-menjadi.html
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/tugas-bab-8-entrepreneurship-menjadi.html
true
8569071378450365080
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy