Pendahuluan Proposal PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile

I.1           JUDUL Dalam judul PKM-KC yang akan di buat “Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geol...



Dalam judul PKM-KC yang akan di buat “Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile”.


Museum Geologi Bandung yang beralamat di Jl.Diponegoro No. 57 Bandung ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Dari sini dapat diperoleh berbagai informasi yang berhubungan dengan masalah kegeologian. Di antara benda-benda yang menjadi koleksinya adalah fosil tengkorak manusia pertama di dunia, fosil-fosil kerangka binatang pra-sejarah, batu bintang, dll. Sebagai sebuah monumen bersejarah, museum ini dianggap sebagai peninggalan nasional dan berada di bawah perlindungan pemerintah.

Museum merupakan tempat yang tepat sebagai sumber pembelajaran bagi kalangan pendidikan, karena melalui benda yang dipamerkannya pengunjung dapat belajar tentang berbagai hal berkenaan dengan nilai, perhatian serta peri kehidupan manusia. Tapi terkadang Informasi yang disampaikan oleh pemandu museum geologi masih belum cukup dan kurang di mengerti oleh pengunjung. meskipun telah terdapat nama dan penjelasan, namun hal tersebut masih belum cukup dalam memberikan informasi yang di inginkan pengunjung karena secara tidak langsung pengunjung harus sedikit berimajinasi untuk membayangkan bagaimana bentuk nyata secara utuh benda benda museum geologi tersebut. Olah karena itu dari permasalahan tersebut di butuhkan sebuat tool atau yang dapat memberikan informasi lebih kepada pengujung, baik itu informasi berupa text, gambar atau video.

Berkembangannya teknologi yaitu salah satunya Augmented reality merupakan teknologi yang memungkinkan orang untuk memvisualisasikan dunia maya sebagai bagian dari dunia nyata sehingga membuat dunia nyata seakan-akan dapat terhubung dengan dunia maya dan dapat terjadi suatu interaksi. Maka dengan adanya Teknologi Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam membangun aplikasi Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi sehingga menjadi lebih menarik dan interaktif baik itu menampilkan informasi dalam bentuk utuh atau nyata, menampilkan video atau animasi 3D.


Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka identifikasi masalah adalah :
  1. Bagaimana merancang desain awal benda benda koleksi interaktif untuk museum berbasis aplikasi Augmented Reality sebagai alternatif media peraga yang menarik di museum.
  2. Bagaimana membuat visualisasi 3Dimensi dari benda benda koleksi museum sehingga menjadi sebuah media pembelajaran masal kepada pengunjung atau masyarakat.
  3. Bagaimana membuat model visualisasi benda-benda koleksi museum yang mirip sesuai dengan aslinya.

I.4           PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK









Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda-benda Koleksi di Museum Geologi ini bentujuan untuk memfasilitasi pengunjung untuk mempelajari atau menambah pengetahuan tentang benda benda koleksi museum geologi, alat ini di harapkan mempermudah pengunjung dalam hal mengali informasi keloksi museum serta meningakat minat kunjuangan ke museum geologi.


Keluaran dari program ini adalah menghasilkan sebuah alat yang dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi tentang benda benda koleksi museum geologi. Melalui alat ini di harapkan pengunjung mendapatkan pengetahuan yang lengkap serta pengunjung lebih mudah membayangkan bagaimana bentuk nyata secara utuh benda benda museum geologi.


Di harapkan dengan di buatnya alat Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda-benda Koleksi di Museum Geologi ini dapat di ambil beberapa maafaat diantaranya:
  1. Membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi lebih tentang benda benda koleksi museum geologi.
  2. Mempermudah pengunjung membayangkan bagaimana bentuk nyata secara utuh benda benda museum geologi.
  3. Meningkatkan minat kunjugan pengunjung.


COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

3 Prajurit dan 3 kanibal,1,3D,1,Activity Diagram,1,Actuator,1,Agen,1,Analisis System,1,Android,3,Antivirus,1,Aplikasi IT,1,Artificial Intelligence,2,Augmented Reality,3,Basis Data,1,Brainware,1,Class Diagram,1,CMD,1,Contoh Artificial Intelligence Literatur,1,Contoh Program,1,Cpp,1,Database,1,Definisi Agen,1,Definisi Artificial Intelligence,1,Definisi Intelligence,1,Definisi Rationalitas,1,Deterministic/ Stochastik,1,Discrete/ Continuous,1,Entrepreneurship,12,Environment,1,Episodic/ Sequential,1,Faktorial,1,Flash Disk,1,Goal Test,1,Hardware,1,HTML,1,Implementasi,1,Initial State,1,Install,1,Jadwal Kegiatan,1,Jaringan,1,Kecerdasan Buatan,5,Kewirausahaan,11,Klasifikasi Komputer,1,Komputer analog,1,Komputer Digital,1,Komputer Hybrid,1,Konfigurasi,1,Korek Api,1,Kuliah Online Unikom,1,Large Scale Computer,1,Logika,2,LTE,1,Markerless,2,Medium Scale Computer,1,Menjadi Pebisnis Ulung,11,Microtic,1,Mobile,2,Model Pembangunan Perangkat Lunak,1,Museum Geologi,1,MySQL,1,Observable,1,Observasi,1,Operators,1,Pengenalan Artificial Intelligence,1,Perancangan Perangkat Lunak,1,PKM,5,PKM-KC,4,PKM-KC Gambaran Teknologi,1,Proposal,3,Rancangan Biaya,1,Repository Unikom,1,Sistem Basis Data,1,Sistem Komputer,1,Sistem Multimedia,6,Sistem Pakar,1,Small Scale Computer,1,Smart TV,1,Software,1,Squence Diagram,1,State,1,Static/ Dynamic,1,Studi Lapangan,1,Studi Literatur,1,Teknik Pengumpulan Data,1,Teknologi Masa Kini,1,Tips and Trik,2,Tsaqafah,1,Tutorial,1,UNIKOM,14,Unti3D,1,Use Case,1,Virus Shortcut,1,Vuforia SDK,1,Vuforia Structure,1,Waterfall,1,Wawancara,1,WIFI,1,WIMAX,1,
ltr
item
Ahmad Faisal Blog's: Pendahuluan Proposal PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile
Pendahuluan Proposal PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5w2w3y3IhFj16mqLxALZqeqtbUlIpJNDfGLX1ifCFjrq3ehV3Js0QZUz1P3xILeBTKyeIXRHA-187ib_oLCsx7fpqjZg6qZmvlTWQZ_DdNFuECjPfhRcnvtROBWmniOj6xF-y3ocGv9E/s640/use+case.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5w2w3y3IhFj16mqLxALZqeqtbUlIpJNDfGLX1ifCFjrq3ehV3Js0QZUz1P3xILeBTKyeIXRHA-187ib_oLCsx7fpqjZg6qZmvlTWQZ_DdNFuECjPfhRcnvtROBWmniOj6xF-y3ocGv9E/s72-c/use+case.png
Ahmad Faisal Blog's
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/pendahuluan-proposal-pkm-kc.html
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/pendahuluan-proposal-pkm-kc.html
true
8569071378450365080
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy