Metode Pelaksanaan PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile

Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode untuk membuat gambaran atau deskripsi mengenai fakta-fakta...

Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode untuk membuat gambaran atau deskripsi mengenai fakta-fakta dan informasi dalam situasi atau kejadian di masa sekarang secara sistematis, faktual dan akurat. Adapun tahap yang akan dilalui adalah sebagai berikut :


Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini dalam sebagai berikut :
  1. Studi Lapangan
    Studi lapangan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan penelitian langsung, dengan 2 cara yaitu:
    Observasi
    Metode pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan langsung ke instansi yang bersangkutan yaitu Museum Geologi Bandung.
    Wawancara
    Metode pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung dengan bapak Bima Asep Ewon sub bagian multimedia.
  2. Studi Literatur
    Studi Literatur (library research) adalah mengumpulkan data melalui buku-buku, dokumen, peraturan dan catatan kuliah yang erat kaitannya dengan tema aplikasi yang di buat. 

Model pembangunan perangkat lunak menggunakan model Waterfall. Karena Model Waterfall adalah suatu proses pengembangan perangkat lunak berurutan, dimana kemajuan dipandang sebagai terus mengalir ke bawah (seperti air terjun) melewati fase-fase perencanaan, pemodelan, implementasi (konstruksi), dan pengujian. Berikut adalah urutan pengembangan perangkat lunak model waterfall:

1. Requirements analysis and definition
Requirements analysis and definition merupakan tahap dimana menentukan benda banda koleksi apa saja yang akan dijadikan markerless sebagai pelacak yang dapat menghasilkan informasi, lalu informasi apa saja yang harus diberikan kepada pengguna aplikasi augmented reality di Museum Geologi Bandung terhadap benda banda koleksi dan juga fitur apa yang digunakan dalam aplikasi agar pengguna dapat berinteraksi terhadap aplikasi yang akan dibangun.

2. System and software design
System and software design adalah tahap dimana proses desain sistem agar dapat dengan mudah dimengerti pengguna, merancang tampilan aplikasi semenarik mungkin agar pengguna tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan aplikasi dan juga menentukan pada saat kapan informasi-informasi video ataupun model 3D dari benda benda koleksi itu akan muncul.

3. Implementation and unit testing
Implementation and unit testing adalah tahap dimana desain program diterjemahkan ke dalam kode-kode dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sudah ditentukan. Program yang dibangun langsung diuji pada ponsel android gingerbread (2.3).

4. Integration and system testing
Integration and system testing merupakan tahap dimana penyatuan unit-unit program kemudian diuji secara keseluruhan (system testing), dimana uji coba tersebut dilakukan terhadap ponsel android yang memiliki sistem operasi yang berbeda apakah ada kesalahan atau tidak dan juga informasi yang diberikan pada pengguna terhadap benda benda koleksi di Museum Geologi Bandung apakah telah sesuai atau tidak.

5. Operation and maintenance

Operation and maintenance adalah tahap mengoperasikan program dilingkungannya dan melakukan pemeliharaan, seperti penyesuaian atau perubahan karena adaptasi dengan situasi sebenarnya. Jika terdapat kesalahan atau kekurangan terhadap aplikasi augmented reality benda benda koleksi maka dibutuhkannya update aplikasi agar selalu sesuai dengan kebutuhan pengguna.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

3 Prajurit dan 3 kanibal,1,3D,1,Activity Diagram,1,Actuator,1,Agen,1,Analisis System,1,Android,3,Antivirus,1,Aplikasi IT,1,Artificial Intelligence,2,Augmented Reality,3,Basis Data,1,Brainware,1,Class Diagram,1,CMD,1,Contoh Artificial Intelligence Literatur,1,Contoh Program,1,Cpp,1,Database,1,Definisi Agen,1,Definisi Artificial Intelligence,1,Definisi Intelligence,1,Definisi Rationalitas,1,Deterministic/ Stochastik,1,Discrete/ Continuous,1,Entrepreneurship,12,Environment,1,Episodic/ Sequential,1,Faktorial,1,Flash Disk,1,Goal Test,1,Hardware,1,HTML,1,Implementasi,1,Initial State,1,Install,1,Jadwal Kegiatan,1,Jaringan,1,Kecerdasan Buatan,5,Kewirausahaan,11,Klasifikasi Komputer,1,Komputer analog,1,Komputer Digital,1,Komputer Hybrid,1,Konfigurasi,1,Korek Api,1,Kuliah Online Unikom,1,Large Scale Computer,1,Logika,2,LTE,1,Markerless,2,Medium Scale Computer,1,Menjadi Pebisnis Ulung,11,Microtic,1,Mobile,2,Model Pembangunan Perangkat Lunak,1,Museum Geologi,1,MySQL,1,Observable,1,Observasi,1,Operators,1,Pengenalan Artificial Intelligence,1,Perancangan Perangkat Lunak,1,PKM,5,PKM-KC,4,PKM-KC Gambaran Teknologi,1,Proposal,3,Rancangan Biaya,1,Repository Unikom,1,Sistem Basis Data,1,Sistem Komputer,1,Sistem Multimedia,6,Sistem Pakar,1,Small Scale Computer,1,Smart TV,1,Software,1,Squence Diagram,1,State,1,Static/ Dynamic,1,Studi Lapangan,1,Studi Literatur,1,Teknik Pengumpulan Data,1,Teknologi Masa Kini,1,Tips and Trik,2,Tsaqafah,1,Tutorial,1,UNIKOM,14,Unti3D,1,Use Case,1,Virus Shortcut,1,Vuforia SDK,1,Vuforia Structure,1,Waterfall,1,Wawancara,1,WIFI,1,WIMAX,1,
ltr
item
Ahmad Faisal Blog's: Metode Pelaksanaan PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile
Metode Pelaksanaan PKM - KC Implementasi Augmented Reality (AR) pada Benda Benda Koleksi di Museum Geologi Bandung Berbasis Mobile
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFdZ9FheoluOrs0zN0Q2aHoOKoAwlcl21smoI91ai8wr99O_e5nywCL9b0U7p2QBiVbFp8rnaLZRcxNXqWesP7aqHifBFUOHbKFXK81gO5DgVvTfUJ9WU3Qsn-hRDf41A87zd0BxkOjGk/s400/class.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFdZ9FheoluOrs0zN0Q2aHoOKoAwlcl21smoI91ai8wr99O_e5nywCL9b0U7p2QBiVbFp8rnaLZRcxNXqWesP7aqHifBFUOHbKFXK81gO5DgVvTfUJ9WU3Qsn-hRDf41A87zd0BxkOjGk/s72-c/class.png
Ahmad Faisal Blog's
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/metode-pelaksanaan-pkm-kc-implementasi.html
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/2015/11/metode-pelaksanaan-pkm-kc-implementasi.html
true
8569071378450365080
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy