Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode untuk membuat gambaran atau deskripsi mengenai fakta-fakta...
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif yaitu suatu metode untuk membuat gambaran atau deskripsi mengenai
fakta-fakta dan informasi dalam situasi atau kejadian di masa sekarang secara
sistematis, faktual dan akurat. Adapun tahap yang akan dilalui adalah sebagai
berikut :
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pembangunan
aplikasi ini dalam sebagai berikut :
- Studi Lapangan
Studi lapangan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan penelitian langsung, dengan 2 cara yaitu:ObservasiMetode pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan langsung ke instansi yang bersangkutan yaitu Museum Geologi Bandung.WawancaraMetode pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung dengan bapak Bima Asep Ewon sub bagian multimedia. - Studi LiteraturStudi Literatur (library research) adalah mengumpulkan data melalui buku-buku, dokumen, peraturan dan catatan kuliah yang erat kaitannya dengan tema aplikasi yang di buat.
Model pembangunan perangkat lunak menggunakan model
Waterfall. Karena Model Waterfall adalah suatu proses pengembangan perangkat
lunak berurutan, dimana kemajuan dipandang sebagai terus mengalir ke bawah
(seperti air terjun) melewati fase-fase perencanaan, pemodelan, implementasi
(konstruksi), dan pengujian. Berikut adalah urutan pengembangan perangkat lunak
model waterfall:
1. Requirements analysis and definition
Requirements analysis and definition merupakan tahap dimana
menentukan benda banda koleksi apa saja yang akan dijadikan markerless sebagai
pelacak yang dapat menghasilkan informasi, lalu informasi apa saja yang harus
diberikan kepada pengguna aplikasi augmented reality di Museum Geologi Bandung
terhadap benda banda koleksi dan juga fitur apa yang digunakan dalam aplikasi
agar pengguna dapat berinteraksi terhadap aplikasi yang akan dibangun.
2. System and software design
System and software design adalah tahap dimana proses desain
sistem agar dapat dengan mudah dimengerti pengguna, merancang tampilan aplikasi
semenarik mungkin agar pengguna tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan
aplikasi dan juga menentukan pada saat kapan informasi-informasi video ataupun
model 3D dari benda benda koleksi itu akan muncul.
3. Implementation and unit testing
Implementation and unit testing adalah tahap dimana desain
program diterjemahkan ke dalam kode-kode dengan menggunakan bahasa pemrograman
yang sudah ditentukan. Program yang dibangun langsung diuji pada ponsel android
gingerbread (2.3).
4. Integration and system testing
Integration and system testing merupakan tahap dimana
penyatuan unit-unit program kemudian diuji secara keseluruhan (system testing),
dimana uji coba tersebut dilakukan terhadap ponsel android yang memiliki sistem
operasi yang berbeda apakah ada kesalahan atau tidak dan juga informasi yang
diberikan pada pengguna terhadap benda benda koleksi di Museum Geologi Bandung
apakah telah sesuai atau tidak.
5. Operation and maintenance
Operation and maintenance adalah tahap mengoperasikan
program dilingkungannya dan melakukan pemeliharaan, seperti penyesuaian atau
perubahan karena adaptasi dengan situasi sebenarnya. Jika terdapat kesalahan
atau kekurangan terhadap aplikasi augmented reality benda benda koleksi maka
dibutuhkannya update aplikasi agar selalu sesuai dengan kebutuhan pengguna.
COMMENTS