Near Field Communication atau NFC

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan setiap saat. Tidak hanya peragkat keras semacam handphoe...

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan setiap saat. Tidak hanya peragkat keras semacam handphoe yang berkembang namun perangkat-perangkat lunaknya seperti system operasi dan teknologi pengiriman data pun turut berkembang pesat. Salah satu peragkat lunak yang akan kita bahas kali ini adalah teknologi pengiriman data pada handphone yaitu, Near Field Communication atau NFC.

Sekarang banyak device terutama smartphone terpasang fitur NFC, sebenarnya apa itu NFC? digunakan untuk apakah NFC? Teknologi NFC bisa menjadi masa depan untuk metode pembayaran, kunci keamanan dan boarding pass. NFC merupakan teknologi terbaru dari QR Code. Banyak smartphone baru memiliki kemampuan NFC, seperti Blackberry, Samsung, Nokia, dsb. Namun banyak yang tidak tahu apa kegunaan NFC dan bagaimana cara menggunakan teknologi NFC ini.

1.      Pengertian NFC

            NFC (Near Field Communication) adalah perangkat standard yang memungkin smartphone dan perangkat lain bisa berkomunikasi ketika di dekatkan. NFC bekerja seperti RFID, namun NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek dari RFID. Kira-kira kemampuan NFC sekitar 4 inc.

            Device yang dilengkapi dengan NFC bisa berkomunikasi dengan perangkat NFC lain yang disebut dengan NFC tags. NFC tags adalah chip tidak mempunyai listrik yang menarik listrik dari sebuah smartphone terdekat atau dari perangkat NFC lainnya. Mereka tidak perlu baterai atau sumber listrik sendiri. Jadi kesimpulannya, NFC datang untuk menggantikan QR code.

            Untuk terkoneksi NFC perlu menyatukan atau menempelkan dua perangkat NFC. Misalkan saja kamu memiliki dua smartphone yang mempunyai fitur NFC, ketika kamu menempelkan mereka secara back to back. Jika kamu memiliki NFC tags cukup tempelkan belakang smartphone yang memiliki NFC untuk NFC tag.

            Saat ini NFC sudah termasuk dalam banyak smartphone, di Android ada Nexus 4, Galaxy Nexus, Nexus S, Galaxy S III dan HTC One X. Di Windows Phone ada Nokia Lumia Series, HTC Windows Phone 8X dan Blackberry juga memilikinya. Namun sayangnya untuk iPhone masih belum ada.

            Near Field Communicatin atau NFC merupakan satu set teknologi nirkabel atau wireless jarak dekat yang biasanya membutuhkan jarak 4cm atau kurang untuk berkomunikasi. NFC beroperasi pada frekwensi 13.65 MHz dengan rata – rata kecepatan transfer 106 Kbps sampai 848 Kbps. NFC selalu melibatkan inisiator dan target. Inisiator secara aktif menghasilkan Frekwensi Radio (RF) yang dapat mengaktifkan target yang pasif. Hal ini memungkinkan target NFC untuk dapat mengidentifikasi factor – factor yang sangat sederhana dari device seperti tag, stiker, key fobs, ataupun kartu yang tidak memerlukan baterai.

Near Field Communication atau NFC merupakan generasi terkini dari komunikasi wireless jarak dekat dengan frekwensi tinggi. Yang memungkinkan pertukaran data antar device yang terintegrasi dengan teknologi ini. Layanan NFC yang terdapat pada mobile handset memungkinkan penggunanya untuk membagi dan menerima data atau informasi secara instan, berinteraksi dengan device lain yang memiliki teknologi NFC, dan membuat pembayaran secara mobile menjadi cepat dan aman. Teknologi ini dibuat berdasarkan standard RFID. Hanya terdapat sedikit perbedaan, dan NFC tidak dapat berinteraksi dengan beberapa device yang system yang terintegrasi RFID. NFC berkerja pada frekwensi 13.56 MHz dengan kecepatan transfer rata – rata diatas 424 Kbps.

2.      Sejarah NFC

Sebakin banyak nirkabel teknologi yangmuncul untuk memenuh kebutuhan yang berbeda. Salah satu stndar yang lebih baru adalah Near Field Communication (NFC). Menyebar dengan cepat melalui bagian Asia, Eropa, dan Amerika Serikat, bidang teknologi komunikasi dekat diadopsi oleh perusahaan semakin banyak. Mulai banyak Manufaktur yang membuat smartphone dengan chip NFC tertanam di dalamnya dan bisnis menginstal pembaca kartu kompatibel di checkout register. Namun Near Field Communication tidak bermunculan dalam semalam. Bahkan, jejak akarnya kembali ke RFID(Radio-Frequency Identification), atau identifikasi frekuensi radio.

NFC adalah bagian dari RFID yang menggunakan gelombang radio untuk mengirim sinyal antara perangkat. Sebuah smartphone akan mengirimkan sinyal yang tag NFC terpasang di dalam poster film atau penyadapan card reader dan berinteraksi dengan. Berkomunikasi telepon dan tag bolak-balik untuk mengirimkan informasi atau menyelesaikan transaksi.

RFID mulai dipatenkan pertama kali oleh Charles Walton. RFID adalah RFID adalah suatu metode yang bisa digunakan untuk menyimpan atau menerima data secara jarak jauh dengan menggunakan suatu piranti yang bernama RFIDtag atau transponder.Suatu RFID tag adalah sebuah benda kecil, misalnya berupastiker adesif, dan dapatditempelkan pada suatu barang atau produk. RFID tag berisi antena yang memungkinkan mereka untuk menerima dan merespon terhadap suatu query yang dipancarkan olehsuatu RFID transceiver. Perkembangan NFC dimulai pada tahu 2004 dengan didirikannya sebuah form untuk NFC oleh Nokia, Philips dan Sony. Pada tahun 2006 forum NFC meciptakan kompatibel spesifikasi teknis dan tag NFC dan terus berkembang hingga saat ini.pada tahu 2006 Nokia 6131 adalah handphone dengan NFC pertama dan disusul oleh Samsung Nexus S di tahun 2010 sebagai handphone Android pertama yag menggunakan NFC. Pada tahun 2011 Google I/O mendemonstrasikan pengunaan NFC untuk mengirimkan permainan, aplikasi, video dan lainnya. Dan pada tahun 2011 Research In Motion menjadi perusahaan pertama yang menjamin trasaksi bersama MasterCard Worldwide, da diatur oleh PayPass. Hal ini memastikan perangkat NFC dapat berkomunikasi dengan perangkat NFC lainnya, salah satu faktor utama dalam membuat teknologi NFC bayak diminati sampai sekarang adalah kesederhana dalam pengoperasian dan kecepatannya dalam melakukan transaksi.

v     NFC di Luar Indonesia

Sejak dikembangkan tahun 2008, NFC telah diadopsi secara global terutama di negara-negara maju. Sampai saat ini NFC telah diuji coba dan komersial pada lebih dari 200 proyek di 54 negara.Di Amerika, Eropa, Rusia dan Australia teknologi ini telah digunakan secara luas. Beberapa negara Timur Tengah juga sudah mencoba teknologi ini, antara lain Iran, Israel, Kuwait, Emirat Arab,dan Arab Saudi. Bahkan masayarkat Afrika pun sudah menikmati NFC, antara lain Kenya dan Afrika Selatan.

Untuk kawasan Asia, NFC dimulai oleh negera maju seperti Hongkong, Jepang, Korea, Taiwan, China, bahkan India dan Sri Langka. Sedangkan kawasan Asia Tenggara dimulai oleh Singapura, Malaysia, Thailand, dan Philipina. Sayang tentunya, Indonesia belum muncul pada laporan internasional sebagai negara pengguna NFC. Bekerja sama dengan Hotel Clarion Stockholm, TeliaSonera telah melakukan uji coba pemanfaatan NFC sebagai pengganti kunci kamar hotel. VeriFone menyiapkan 15.600 NFC Reader untuk operator taxi terbesar di Singapura.

Bank of Montreal Kanada mengenalkan layanan pembayaran dengan NFC yang menggunakan stiker tertempel di sisi belakang smartphone. Beberapa Bank berskala internasional bahkan sudah melayani penggunaan NFC dengan dukungan PayPal dan Google Wallet. Bulan April nanti Korea Telecom (KT) dan NTT DoCoMo Jepang berencana meluncurkan roaming NFC di kedua negara. Dengan program roaming tersebut, layanan kupon dan pembayaran dengan NFC yang dimiliki KT akan dapat digunakan di Jepang, dan sebaliknya. Di Turki, teknologi ini menggunakan kolaborasi HID Global dengan Research In Motion (RIM) dan telah berhasil diimplementasikan dalam mengaplikasikan pembayaran disetiap transaksi pembelanjaan di merchant lokal maupun luar negeri. Fungsi tersebut bisa berjalan menggunakan bantuan mesin pembaca khusus, MasterCard Pay Pass reader.

Di Indonesia, NFC sedang dikembangkan sebagai transaksi pembayaran, tetapi bukan berarti fitur tersebut hanya menjadi penghias di ponsel terbaru Anda sekarang. Banyak produsen smatphone telah memasang NFC pada produknya, antara lain. Blackberry (Bold 9790, 9900/9930, Curve 9350/9360/9370, 9380), Samsung (Galaxy Note, S II, S5230 NFC, S5260 NFC, Wave 578, M, Y, ), Google (Nexus S, Galaxy Nexus), Nokia (603, 700, 701, C7, N9), HTC (Incredible, Ruby/Amaze 4G), LG (Optimus LTE, Net, Vu, T530 Ego), Motorolla Droid Razr, dan tentu masih banyak lagi. Sayang tidak semua merk tersebut masuk Indonesia. Bagi penggemar iPhone, sementara harus kecewa, karena rumor menyebutkan Apple sampai saat ini tidak tertarik memasang NFC. Adopsi NFC dipastikan akan terus meluas. Pada November 2011 GSMA mengumumkan bahwa 45 operator seluler besar dunia telah berkomitmen untuk adopsi NFC pada SIM-Card mereka. Diprediksi tahun ini NFC memasuki masa transisi, dari 'innovator' menuju 'early adaptor' atau dari 'trial' menuju 'komersial'.

Frost & Sullivan bahkan memperkirakan pertumbuhan pembayaran NFC per tahun berkisar 118 persen, sehingga jumlah pembayaran pada tahun 2015 bakal mencapai € 111.19 miliar. Tahun ini jumlah ponsel NFC lebih dari 70 juta, dan pada tahun 2015 akan tembus 863 juta atau 53 persen dari total ponsel yang ada.

v     NFC di Indonesia

Indonesia boleh dibilang terlambat mengadopsi teknologi NFC. Sejauh ini Indonesia belum muncul di berbagai laporan internasional sebagai negara pengguna NFC. Maret tahun lalu, VP Channel Management Telkomsel sempat menyatakan ingin segera melakukan uji coba NFC. Selanjutnya pada September, perangkat NFC milik Telkomsel nampak terpasang di Circle-K Kalapa Gading. Namun sejauh ini belum ada pernyataan resmi Telkomsel terkait adopsi teknologi tersebut. Meskipun operator belum menggelar NFC, beberapa pembuat aplikasi lokal sudah siap meramaikan kehadiran teknologi ini. Sebut saja seperti Menoo! Tap Tap dan Smash Mania yang siap mendukung NFC Nokia. InTouch juga telah siap menyediakan aplikasi NFC untuk pengguna Blackberry.

Meskipun relatif terlambat, banyak pihak optimis teknologi NFC bakal mendapat sambutan meriah di Indonesia. Paling tidak ada tiga alasan, jumlah kartu SIM negeri ini telah melebihi populasi penduduk, pengguna internet lebih dari 55 juta, jumlah penggila Blackberry yang luar biasa sementara RIM merupakan produsen yang aktif memasang NFC pada berbagai produknya. Singapura berencana mengenalkan teknologi NFC pada pameran teknologi Cards & Payments Asia 2012 di Suntec. Acara akan digelar pada 25-27 April 2012 mendatang. Semoga ajang ini bisa membantu percepatan adopsi NFC di Indonesia.


Teknologi NFC di Indonesia mungkin memang belum begitu populer namun jika kita menyadari ternyata teknologi ini sudah mulai banyak digunakan misalnya E-KTP. Proses transver data dari alat NFC ke E-KTP (E-KTP ternyata memiliki data yang tidak bisa dilihat tanpa Teknologi NFC) memang tidak dengan cahaya atau kabel data melainkan dengan RFID. Hanya diletakkan di perangkat NFC dan data yang dari komputer sudah masuk ke E-KTP.
E-KTP itu adalah salah satu contoh penggunaan teknologi NFC yang sudah ada di Indonesia artinya kita cukup bangga dengan Indonesia yang telah menggunakan teknologi tersebut walau tidak banyak orang yang tahu. Gambar di bawah ini adalah sedikit gambaran bila e-KTP dijadikan transparant. Lihat pada bagian kanan atas dari gambar ini. Disitu terdapat antena dan di dekatnya ada sebuah kotak yang nantinya disitulah data akan di simpan. E-KTP yang sudah di terima memang tidak persis seperti gambar dibawah ini karena chip pada bagian kiri itu sebenarnya tidak ada

3.      Keunggulan dan Kelemahan NFC

Keunggulan NFC


  • Mempermudah kita dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan kartu kredit atau kartu prabayar. Cukup dengan menggunakan smartphone yang telah terintegrasi NFC.
  • Koneksi dengan perangkat lain sangat mudah, hanya dengan satu sentuhan saja.
  • Lebih aman dan nyaman karena NFC memiliki system security yang bagus.
  • Transaksi pembayaran yang dilakukan lebih cepat.
  • Sedikit kemungkinan untuk terjadi gangguan saat koneksi karena menggunakan system RFID.
  • Transaksi yang dilakukan bebas biaya.
  • Keunikan dari NFC ini terletak pada kemampuannya untuk mengubah mode operasinya menjadi reader/writer, peer to peer, atau card emulation. Mode operasi yang berbeda tersebut berdasar pada ISO/EIC 18092 dan ISO/EIC 14443 contacless smart card standard.

Kelemahan NFC

  • Masih minimnya prasarana yang support dengan perangkat NFC di tempat – tempat umum khususnya di Indonesia.
  • Masih belum banyaknya orang yang tahu tentang teknologi ini karena masih tergolong baru di Indonesia.
  • Untuk komunikasi antar perangkat masih perlu jarak yang sangat dekat.
  • Harga perangkat NFC yang tidak murah, seperti harga smartphone yang masih cukup mahal untuk saat ini.
  • Masih rendahnya kecepatan transfer data yang dapat dilakukan.
  • Device yang mendukung teknologi ini masih sangat sedikit.
  • Memerlukan berbagai pemangku kepentingan, termasuk bank, operator selular, jaringan kartu dan pedagang

4.      Cara Kerja NFC

            NFC singkatan dari “Near Field Communication”, satu teknologi wireless yang terintegrasi pada smartphone generasi baru. Pada OS Smartphone Android, kita dapat menemukannya pada Android versi 2.3 “Gingerbread” keatas. Tapi tidak semua smartphone memiliki fitur NFC, karena teknologi ini memerlukan chip terintegrasi didalam perangkatnya. Walau NFC sendiri belum terlalu populer di Indonesia, tapi teknologi ini sudah mulai dipakai dinegara maju. Orang bisa membayar tiket bus, belanja supermarket, membuka kunci apartemen dan lain-lain hanya dengan mendekatkan HP mereka ke terminal NFC. Suatu saat kita mungkin tidak memerlukan dompet lagi, karena fungsi itu digantikan oleh NFC.

Salah satu layanan populer yang menggunakan NFC adalah Google Wallet yang dikembangkan Google. Wallet merupakan sistem pembayaran terintegrasi menggunakan akun Google yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi berbasis Web & NFC.

Cara Kerja Teknologi NFC.
NFC merupakan pengembangan dari teknologi RFID (Radio Frequency ID) yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola identitas item barang. Peritel seperti Carrefour menggunakan RFID untuk menjaga keamanan barang-barang yg tergolong mahal. Pemilik mobil juga bisa memasang e-Toll di mobil mereka agar tidak perlu antre di loket Tol. E-Toll menggunakan teknologi RFID didalamnya. RFID harus menggunakan peralatan khusus yang tidak bisa digunakan secara personal, sehingga pemanfaatannya kurang luas. Sedangkan NFC bisa digunakan secara personal, karena diintegrasikan pada Smartphone & tablet.

Cara kerja NFC sendiri mirip dengan Bluetooth & WiFi, yaitu melakukan koneksi Wireless berbasis frekuensi radio. Perbedaannya sbb:

  1. Koneksi Bluetooth/WiFi menggunakan setting teknis tertentu, NFC hanya perlu melakukan Tap (mendekatkan Smartphone pada terminal NFC).
  2. Bluetooth & WiFi menggunakan frekuensi 2.4 – 2.5 GHz, sedangkah NFC menggunakan frekuensi rendah 13.56 MHz
  3. Jarak transfer Bluetooth ~ 3m, WiFi ~ 100m, sedangkan NFC tidak lebih dari 20 cm.
  4. NFC hanya mentransfer data kapasitas rendah (satuan kilobyte), karena hanya untuk melakukan otorisasi, informasi kecil, transaksi & pembayaran.
  5. Waktu setup koneksi NFC hanya < 0,1 detik, sedangkan Bluetooth/WiFi bisa lebih dari 6 detik.
  6. NFC memerlukan dua perangkat untuk berkomunikasi, yang dinamakan NFC Reader dan NFC Tags. 
  7. NFC Reader adalah Smartphone/Tablet pengguna dengan fitur NFC. NFC Tags sendiri merupakan terminal kecil berisi sebuah Chip (IC) NFC dengan antena radio terintegrasi. 
  8. NFC Tag dapat menyimpan berbagai informasi yang ditentukan oleh penggunanya, misalnya informasi diskon, peta, harga atau tiket. Jadi saat melakukan pembayaran Smartphone dan NFC Tag akan didekatkan, lalu terjadi transaksi otomatis.

Pada prinsipnya, kedua perangkat NFC menggunakan medan elektromagnetik untuk melakukan transfer data. Saat kita mendekatkan Smartphone ke Terminal NFC, NFC Reader akan mengaktifkan signal didalam NFC Tag. Lalu kedua perangkat ini langsung berkomunikasi, dimana NFC Reader mengambil informasi didalam NFC Tag. NFC Reader mengirimkan informasi itu ke server.


  • ü   Dua Smartphone NFC berkomunikasi

Dua buah Smartphone NFC juga dapat berkomunikasi satu sama lain, artinya kedunya berfungsi sebagai NFC Reader & Tag sekaligus. Hanya dengan mendekatkan keduanya, maka informasi dapat saling dipertukarkan dengan cepat misalnya contact, gambar, foto, dll.


  • ü   Ilustrasi Pemanfaaatan NFC
Untuk memanfaatkan NFC sebagai transaksi pembayaran, pengguna tinggal mendaftarkan kartu kredit/debit mereka dengan sistem Google Wallet, Paypal atau lainnya. Terjadi otorisasi dengan pihak perbankan, berikutnya pengguna mengaktifkan NFC dalam smartphone mereka. Saat seseorang melihat sebuah poster dengan diskon tertentu, pengguna tinggal mendekatkan Smartphone mereka ke poster tersebut. Tentu saja poster itu sudah dilengkapi dengan NFC Tag didalamnya. Setelahnya pengguna belanja barang yang terdapat di poster, pada saat membayar langsung mendapatkan diskon sesuai yang ditawarkan poster. Potongan akan didapat secara otomatis dalam pembayaran. Mobil & rumah masa depan nantinya akan dilengkapi dengan kunci NFC. Pengguna tinggal mendekatkan Smartphone mereka ke pintu mobil/rumah untuk membukanya. Jika ada yang membuka paksa, akan ada informasi langsung ke Smartphone penggunanya. Masih banyak ilustrasi manfaat NFC kedepan, seperti pemesanan/pembayaran tiket transportasi, data kesehatan personal sampai undangan event dalam bentuk digital. Kita masih harus menunggu sampai semuanya bisa terealisasi.

5.      Kegunaan NFC

Banyak kegunaan dari NFC diantaranya ada:

  • Pembayaran Mobile - Di Amerika, pembayaran menggunakan mobile sudah sangat populer. Jadi NFC bekerja seperti PayPass MasterCard dan MasterCard atau kartu kredit. Jadi sebuah smartphone dilengkapi dengan NFC dan didekatkan pada NFC-enabled payment terminal akan berfungsi sebagai alat pembayaran. Kamu tidak lagi memerlukan Kartu Kredit. Metode NFC seperti Google Wallet. Di San Francisco, NFC digunakan sebagai alat pembayaran parkir.
  • Pengiriman Data Wireless - Sebuah file dapat di kirim melalui wireless antara dua smartphone yang memiliki teknologi NFC. Seperti smartphone dilengkapi dengan Android Beam, sebuah fitur yang memungkinkan dua smartphone dengan cepat mengirimkan web page, kontak, foto, video atau informasi lainnya. Sentuhkan bagian belakang kedua smartphone dan file akan dikirimkan. Fitur ini juga dimiliki di Blackberry dan Windows Phone.
  • NFC Tag - Kamu dapat mengatur sebuah setting ketika NFC tag di dekatkan ke smartphone yang memiliki NFC. Contoh, misalkan saja kamu selalu mengatur smartphone dalam mode diam ketika tidur. Kamu bisa mengatur NFC tag sebagai pengaktif mode diam ketika didekatkan ke smartphone. Selain itu kamu bisa mengatur NFC tag sebagai password wireless, jadi ketika teman kamu bermain di rumah dan ingin login wifi, cukup dekatkan smartphone ke NFC tag. Masih banyak contoh lain yang sangat berguna dari NFC tag.
  • Mendapatkan Informasi - Banyak iklan atau produk sebuah perusahan menggunakan QR code yang berisi informasi. Sekarang teknologi tersebut telah di gantikan oleh NFC, karena pengguna smartphone harus menggunakan kamera terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi dari QR code. Ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak singkat seperti NFC.
  • Transit dan Boarding pass - Ketika kamu perbergian menggunakan pesawat, NFC bisa digunakan sebagai Transit dan Boarding pass di bandara. Masih banyak lagi kegunaan NFC.

6.      Daftar Pustakan

COMMENTS

Name

3 Prajurit dan 3 kanibal,1,3D,1,Activity Diagram,1,Actuator,1,Agen,1,Analisis System,1,Android,3,Antivirus,1,Aplikasi IT,1,Artificial Intelligence,2,Augmented Reality,3,Basis Data,1,Brainware,1,Class Diagram,1,CMD,1,Contoh Artificial Intelligence Literatur,1,Contoh Program,1,Cpp,1,Database,1,Definisi Agen,1,Definisi Artificial Intelligence,1,Definisi Intelligence,1,Definisi Rationalitas,1,Deterministic/ Stochastik,1,Discrete/ Continuous,1,Entrepreneurship,12,Environment,1,Episodic/ Sequential,1,Faktorial,1,Flash Disk,1,Goal Test,1,Hardware,1,HTML,1,Implementasi,1,Initial State,1,Install,1,Jadwal Kegiatan,1,Jaringan,1,Kecerdasan Buatan,5,Kewirausahaan,11,Klasifikasi Komputer,1,Komputer analog,1,Komputer Digital,1,Komputer Hybrid,1,Konfigurasi,1,Korek Api,1,Kuliah Online Unikom,1,Large Scale Computer,1,Logika,2,LTE,1,Markerless,2,Medium Scale Computer,1,Menjadi Pebisnis Ulung,11,Microtic,1,Mobile,2,Model Pembangunan Perangkat Lunak,1,Museum Geologi,1,MySQL,1,Observable,1,Observasi,1,Operators,1,Pengenalan Artificial Intelligence,1,Perancangan Perangkat Lunak,1,PKM,5,PKM-KC,4,PKM-KC Gambaran Teknologi,1,Proposal,3,Rancangan Biaya,1,Repository Unikom,1,Sistem Basis Data,1,Sistem Komputer,1,Sistem Multimedia,6,Sistem Pakar,1,Small Scale Computer,1,Smart TV,1,Software,1,Squence Diagram,1,State,1,Static/ Dynamic,1,Studi Lapangan,1,Studi Literatur,1,Teknik Pengumpulan Data,1,Teknologi Masa Kini,1,Tips and Trik,2,Tsaqafah,1,Tutorial,1,UNIKOM,14,Unti3D,1,Use Case,1,Virus Shortcut,1,Vuforia SDK,1,Vuforia Structure,1,Waterfall,1,Wawancara,1,WIFI,1,WIMAX,1,
ltr
item
Ahmad Faisal Blog's: Near Field Communication atau NFC
Near Field Communication atau NFC
http://4.bp.blogspot.com/-v3Qe3pp1iDg/UzuonSSBs8I/AAAAAAAAAEc/r-X_XWTd8b8/s1600/NFC+(1).jpg
http://4.bp.blogspot.com/-v3Qe3pp1iDg/UzuonSSBs8I/AAAAAAAAAEc/r-X_XWTd8b8/s72-c/NFC+(1).jpg
Ahmad Faisal Blog's
http://noteinformatic.blogspot.com/2014/04/near-field-communication-nfc.html
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/
http://noteinformatic.blogspot.com/2014/04/near-field-communication-nfc.html
true
8569071378450365080
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy