Dengan teknologi yang berkembang sekarang ini, khususnya teknologi mobile yang unggul dengan sisi ruang geraknya (mobilitas), user friendly...
Dengan teknologi yang berkembang sekarang ini, khususnya
teknologi mobile yang unggul dengan sisi ruang geraknya (mobilitas), user
friendly, serta praktis sehingga dapat menutupi kekurangan yang terdapat pada
media saat ini. Merujuk terhadap kekeurangan yang ada maka dibangun aplikasi
mobile dengan menggunakan teknologi Augmented Realty (AR). Aplikasi ini
bertujuan menampilkan informasi secara real time berupa bentuk 3D maupun video
di layar ponsel. Identifikasi pengenalan gambar diambil dari kamera ponsel seluler
dapat dikenali sebagai markerless. Markerless AR inilah yang berfungsi untuk
menampilkan informasi dari beberapa bentuk benda benda koleksi museum yang
tidak utuh dan ditampilkan informasi secara real time di layar ponsel seluler,
khususnya android.
Salah satu aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang
benda benda koleksi museum bagi pengunjung .Seperti hal yang sama saat
pengunjung melihat benda benda koleksi museum secara langsung di dunia nyata,
aplikasi ini didesain agar benda benda koleksi museum yang di tampilkan semirip
mungkin dengan bentuk aslinya,sehingga pengunjung pun dapat mengetahui bentuk
asli benda benda koleksi museum tersebut.
Gambar Analisis
system yang akan dibangun
Dalam proses pencocokan gambar yang menjadi markerless
dengan gambar yang telah ada didatabase ponsel ada beberapa proses yang
dilakukan:
- Menentukan gambar objek benda koleksi museum yang akan dijadikan sebuah marker.
- Menyisipkan gambar objek benda koleksi museum yang menjadi marker pada database.
- Mengambil gambar benda koleksi museum yang telah dijadikan marker melalui camera ponsel.
- Sistem pada ponsel akan menyesuaikan gambar yang ditangkap oleh kamera dengan gambar yang terdapat pada database ponsel.
- Jika gambar yang ditangkap oleh kamera sesuai dengan bentuk marker yang ada pada database maka gambar tersebut akan menghasilkan keluaran berupa informasi 3D ataupun video, sesuai dengan apa yang akan ditampilkan.
Gambar Proses
pencocokan markerless
Markerless merupakan salah satu teknologi tracking. Tracking
jenis ini menggunakan objek nyata sebagai markernya. Proses tracking ini
menggunakan tekstur gambar (berkas jenis gambar) yang disimpan dalam database
ponsel sebagai sumber referensinya, dan membandingkan tekstur yang tertangkap
oleh kamera dengan tekstur gambar yang ada di database markernya.
Model 3D yang akan ditampilkan di-load terlebih dahulu pada
engine Unity3D. Agar aplikasi dapat menampilkan objek 3D tertentu tanpa merubah
atau membangun ulang aplikasi, diperlukan sebuah file format .3DS , .OBJ atau
.FBX untuk menentukan objek 3D yang akan diload di Unity3D. Pembuatan objek 3D
sampai dengan ringgingnya menggunakan engine Blender, setelah di buat lalu
diekspor ke format .3DS , .OBJ atau .FBX agar dapat dieksport melalui Unity3D.
Aplikasi Augmented Reality yang telah dirancang menggunakan
Unity 3D dapat digunakan atau dapat diimplementasikan dalam aplikasi mobile
harus dengan menggunakan sebuah library, libray tersebut yaitu berupa Vuforia
SDK untuk Android [8], dimana didalam library tersebut berupa fungsi fungsi
yang digunakan untuk memanggil scenario AR serta menyertakan class Component
untuk mengatur segala inisialisasi pada framelayout dan untuk mengatur segala
aktivitas aplikasi mobile, sehingga aplikasi dapat di compile di sistem operasi
android.
Gambar Implementasi
mobile
COMMENTS