1. Penetrasi internet di berbagai belahan dunia telah menumbuhkan ruang platform baru seperti e-commerce, electronic data interchan...
1. Penetrasi internet di berbagai belahan dunia telah menumbuhkan ruang
platform baru seperti e-commerce, electronic data interchange, virtual office,
telemedicine, dan berbagai kemajuan lain yang telah menerobos batas-batas fisik
antar Negara. Jelaskan pengguna internet di planet bumi hingga tahun 2013!
Jawab :
Pengguna internet
di planet bumi secara global berdasarkan populasi kawasan di tahun 2013 sebesar
39%, dengan sebaran yang menunjukkan di Negara-negara eropa sebesar 75%,
Amerika 61%, Rusia 52%, Negara Negara Arab 38%, Asia Pasific 32% dan Afrika
16%.
2. Bagaimana penguna internet di Indonesia hingga tahun 2013 bagaimana
korelasinya terhadap pengguna media social ? prediksi pengguna internet di
tahun tahun mendatang?
Jawab :
Perkembangan IT di
Indonesia hingga tahun 2013 berdasarkan data BPS dapat ditunjukkan dengan
jumlah penduduk Indonesia yang sudah mengakses Internet sebanyak 30,66%, jumlah
penduduk yang memiliki computer sebanyak 14,85% dan jumlah penduduk yang
memiliki handphone sebanyak 83,52% dari total penduduk Indonesia.
82 Juta pengguna
Internet di Indonesia.
3. Jelaskan pola pengguna internet di Indonesia! Bagaimana pertumbuhan
tahunan pengguna internet ?
Jawab :
Badan Pusat Statistik
(BPS) bekerja sama dengan Asosiasi penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia
(APJII) mencatat angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia hingga akhir
tahun 2013 sudah mencapai 82 juta orang. Penetrasi internet di Indonesia saat
ini adalah sekitar 28 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Sekitar 90
persen di antaranya memiliki akun media social. Indonesia termasuk dalam 5
besar Negara pengguna media social dengan 65 juta facebook dan 29 juta twitter.
Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai lebih dari 100 juta
pada tahun 2015
Indonesia internet
Users
Tahun
|
Persen
|
|
|
Tahun
|
Persen
|
1998
|
0,5
|
2007
|
20
|
||
1999
|
1
|
2008
|
25
|
||
2000
|
1,9
|
2009
|
30
|
||
2001
|
4,2
|
2010
|
42
|
||
2002
|
4,5
|
2011
|
55
|
||
2003
|
8
|
2012
|
63
|
||
2004
|
11,2
|
2013
|
82
|
||
2005
|
16
|
2014
|
107
|
||
2006
|
20
|
2015
|
139
|
4. Dalam membangun suatu usaha atau perusahaan sangat penting adanya
situs guna mendukung ketersediaan dan kecepatan informasi sampai ke publik.
Jelaskan apa manfaat situs bagi suatu bisnis atau organisasi ! apa saja yang
perlu saudara perlu perhatikan sat membangun situs ?
Jawab :
Manfaat bagi bisnis
:
-
IT dapat membuat kita lebih
dekat dengan konsumen
-
IT dapat membantu kita untuk
menurunkan biaya
-
IT dapat membantu kita agar
lebih Fleksibel
Hal-hal yang perlu
diperhatikan saat membangun situs :
1.
Hindari dash dalam nama domain;
hal tersebut membingungkan sebuat alamat situs.
2.
Kunjungi situs pesaing dan
kumpulkan ide-ide berguna untuk situs anda.
3.
Membaca pada layar melelahkan
mata, jadi pertahankan agar teks dapat terbaca.
4.
Daftarkan dengan direktori
Internet untuk meyakinkan situs anda terpublikasi
5.
Perbarui informasi dalam situs
anda secara rutin.
6.
Tentukan produk anda yang mana
yang cocok untuk penjualan online.
7.
Ciptakan sebuah nama domain
yang mudah dieja dan diingat.
8.
Rancang situs semenarik mungkin
agar pengunjung kembali lagi.
5. Bisnis komersial elektronik sedang booming saat ini . jelaskan
analisis saudara mengapa demikian ? bagaimana prospek pasar e-comerce di
Indonesia?
Jawab :
Hasil riset
Forester baru-baru ini tentang laporan ritel online, e-commerce mengalami
pertumbuhan dari tahun ke tahun 28 persen pada tahun 2012. Dikombinasikan
dengan fakta bahwa konsumen digital menghabiskan US$1.46 miliar. Konsumen
menginginkan pengalaman belanja multichannel yang memungkinkan mereka untuk
berbelanja dan menyelesaikan yang memungkinkan dalam media yang mereka
inginkan. Untuk memaksimalkan dampak preferensi belanja, pebisnis online secara
ritel melihat tren online dan kemudian mengimplementasikan selaras dengan
system e-commerce sebagai tuntunan pasar.
Prosfek pasar
e-commerce Indonesia
(USD miliar)
Keterangan
|
2012
|
2013
|
2014
|
2015
|
2016
|
Populasi
|
244
|
247
|
251
|
255
|
258
|
Pembelanja online
|
13
|
20
|
27
|
37
|
49
|
6. Bagaimana kiat-kiat meningkatkan konsumen di dunia maya ? dalam
komunikasi dengan relasi bisnis melalui e-mail, hal apa saja yang perlu kita
lakukan?
Jawab :
Untuk meningkatkan
konsumen virtual dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :
1. Memberikan konsumen kenyamanan dalam situs kita.
2. Menjelaskan cara pembayaran dengan kartu kredit secara aman.
3. Membuat perjanjian dengan konsumen atau pernyataan hak-hak untuk
meningkatkan orang-orang yang berfikir bahwa merupakan hal yang aman untuk
berbelanja secara online dari anda.
4. Menerangkan secara jelas mengenai aturan anda dalam pengembalian
dana.
5. Memublikasikan prosedur complain.
6. Memasukan alamat, telepon, dan nomor faksimili, dan sebuah kontak
nama, sehingga bila diperlukan konsumen memiliki referensi lain untuk dihubungi.
7. Meyakinkan bahwa cerita-cerita menakutkan mengenai dan peningkatan
pesanan yang dipenuhi tidak akan terjadi di tempat kita.
7. Di dunia online dimana konsumen tidak dapat melihat atau menyentuh
produk saudara, nilai merek saudaralah yang menciptakan kepercayaan diri dan
mendorong konsumen untuk melakukan bisnis dengan anda. Bagaimana saudara
membangun komunikasi dengan konsumen melalui merek tersebut ?
Jawab :
Untuk mempromosikan
merek, situs web harus mempunyai alamat yang efektif, cepat diakses dan
petunjuknya mudah dan harus memberi semua pengunjung nilai yang baik. Bekerja
keras untuk mengidentifikasi pasar untuk merek dan menggunakan kehadiran online
untuk kontribusi terhadap audiens, selalu bertujuan untuk memberikan nilai
tambah kepada konsumen online seakan akan tidak ada lagi metode lain, akan
dapat membangun bisnis dan kesetiaan.
8. Sebutkan kekuatan dan kelemahan penjualan internet ?
Jawab :
Kekuatan :
1. Menyampaikan sejumlah besar informasi.
2. Menyediakan sebuah jalan pada pasar yang baru.
3. Mampu meraih timbal balik yang langsung dari konsumen.
4. Sejumlah “penyerang”, atau
pengunjung, yang tertarik dapat diukur.
5. Tersedia 24 jam-internet tidak pernah tidur.
Kelemahan :
1. Penipuan menampilkan permasalahan-permasalahan bagi penjual dan
pembeli.
2. Pembelian secara online berfokus pada beberapa konsumen.
3. Hacking dan virus merupakan sebuah ancaman yang akan selalu ada.
4. Sangatlah tidak mungkin untuk mencari konsumen; mereka yang akan
dating pada anda.
5.
Tidak setiap orang online.
9. Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi telah memudahkan
masyarakat dunia membangun jejaring social di antara mereka. Jelaskan apa yang
saudara ketahui tentang jenis dan pengguna jejaring social baik di Indonesia
maupun mancanegara hingga tahun 2013!
Jawab :
Indonesia termasuk
dalam 5 besar Negara pengguna media social tahun 2013 dengan 65 juta facebook
dan 29 juta twitter. Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai
lebih dari 100 juta pada tahun 2015.
10. Jelaskan apa saja yang termasuk dalam kategori cyber crime!
Jawab :
Category cyber
crime :
-
Menyusup ke system jaringan
computer orang lain tanpa izin atau tanpa otorisasi (Unauthorized Access to
Computer Sistem and Service). Bertujuan mencuri informasi penting atau
melakukan sabotase data penting.
-
Melakukan sabotase, merusak
data, program atau system computer dengan serangan virus misalnya (Cyber
Sabotage and Extortion).
-
Pelanggaran terhadap Ha katas
Kekayaan Intelektual (HAKI) (Offence against Intelectual Property).
-
Pemalsuan data (Data Forgecy).
-
Menyebarkan data illegal,
bohong, tidak etis, atau membocorkan rahasia Negara, pornografi (Illegal
contents).
-
Melakukan aktivitas mata-mata
pada pesaing (Pesaing Espionage).
-
Mengambil informasi bersifat
pribadi atau rahasia seperti nomor PIN ATM (Infringements of Privacy)
11. Untuk menanggulangi cyber crime, pemerintah memberlakukan
Undang-Undang no 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.
Jelaskan tujuan dan prinsip UU ITE tersebut!
Jawab :
Tujuan
Undang-Undang ITE (Pasal 4)
1. Mencerdasakan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat
informasi dunia.
2. Megembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka
meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan public.
4. Membuka kesempatan seluas-luasnya kepada setiap orang untuk
memajukan pemikiran dan kemampuan di bidang penggunaan dan pemanfaatan
seoptimal mungkin dan bertanggung jawab .
5. Memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna
dan pelenggara Teknologi Informasi.
12. Dalam undang-undang ITE tersebut , bagaimana ketentuan terkait
Domain, HAKI, dan Privasi ?
Jawab :
-
Nama Domain didasarkan atau
prinsip pendaftar pertama (pasal 23 ayat 1)
-
Penggunaan Domain tanpa hak
dapat digugat (pasal 23 ayat 2)
-
Pengelola domain: pemerintah
dan Masayarakat (pasal 23 ayat 3)
-
Pengelola domain asing harus
diregistrasi (pasal 23 ayat 4)
-
IE merupakan kreasi intelektual
yang dilindungi HAKI (Pasal 24)
-
Pengguna informasi yang
bersifat pribadi harus dilakukan berdasarkan persetujuan (pasal 25)
13. Apa saja perbuatan yang dilarang dalam undang-undang informasi dan
Transaksi Elektronik tersebut ? jelaskan!
Jawab :
Perbuatan yang dilarang :
-
Pasal 27 (Illegal Content)
Dilarang membuat
konten:
o
Perjudian
o
Melanggar kesusilaan
o
Pencemaran nama baik
o
Pemerasan dan/atau pengancaman
-
Pasal 28 (Illegal Content)
Dilarang memuat
konten:
o
Berita sesat atau bohong
berakibat kerugian pada konsumen
o
Kebencian dan permusuhan
terhadap SARA
-
Pasal 29 (Illegal Content)
Dilarang membuat
konten ancaman kekerasan dan menakuti secara pribadi (cyberstalking)
-
Pasal 30 (Illegal Access)
-
Pasal 31 (Illegal Interception)
-
Pasal 32 Gangguan terhadap
(data interference)
-
Pasal 33 gangguan terhadap
system elektronik (system interference)
-
Pasal 34 Penyalahgunaan alat
dan perangkat (Misused of device)
-
Pasal 35 pemalsuan
informasi/dokumen elektronik (computer related fraud)
-
Pasal 36 (menimbulkan kerugian)
14. Bagaimana tren teknologi informasi di tahun tahun mendatang ?
jelaskan.
Jawab :
Tren teknologi
informasi menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia bahkan
sangat mempengaruhi gaya hidup kita.
Ada 10 strategic
technologies for 2013 diantaranya :
1.
Mobile Devices Battles
2.
Mobile Apps and HTML5
3.
Personal Cloud
4.
The Internet of Things
5.
Hybrid IT and Cloud Computing\
6.
Strategic Big Data
7.
Actionable Analytic
8.
Mainstream In-memory computing
(IMC)
9.
Integrated Ecosystems
10.
Enterprise App Stores
Disamping kesepuluh teknologi diatas, perkembangan
teknologi informasi juga terjadi pada :
1.
Penyebaran teknologi intenet
wireless
2.
Perpustakaan digital (super
digital libraries)
3.
Mobile robots
4.
Location-based computing
5.
Desktop 3-D Printing
6.
Webcasting Services
7.
GeoEstimator
8.
Content Aggregator
9.
PokenZoo
10.
Chat with faceless Minions
11.
Password tubuh manusia
12.
Wearable Gadget
13.
Video and Demand\
14.
smartphone
15. Uraikan dan jelaskan apa yang saudara ketahui perihal kaleidoskop
teknologi tahun 2013?
Jawab :
a. Gaya hidup
Bulan Januari :
lebih dari 200 juta orang menjadi anggota linkedin, jejaing social yang focus
pada karir.
Bulan Maret :
google menyebutkan lebih dari 1 miliar orang menggunakan youtube setiap bulan.
Bulan Juni : Facebook menambahkan video sharing telepon
pintar ke instagram.
Bulan Oktober :
Twitter mengalahkan facebook sebagai jejaring social terpopuler di kalangan
remaja AS.
Bulan desember :
Wanita AS pertama yang terkena tilang karena memakai kacamata google, mengaku
tidak bersalah
b. Bisnis
Bulan Februari :
lagu digital yang diunduh di gerai itunes apple mencapai 25 miliar dolar
Bulan mei :
yahoo membeli platform blogging tumblr
seharga 1.1 miliar dolar AS.
Bulan juli :
hakim AS memutuskan Apple telah melanggar hukum “anti-turut” pada penempatan
harga s-book.
Bulan Agustus :
CEO Microsoft Steve Bailmer menyatakan akan pension kurang dari 12 bulan lagi.
Bulan September :
Kodak mengumumkan bahwa Kodak telah keluar dari perlindungan kebangkrutan.
Bulan Nopember :
penjualan telepon pintar global mencapai 1 miliar pda tahun 2013 menurut
pengamat pasar IDC. Dan twitter membuat
debut di wall street.
c. Produk baru
Bulan februari :
Samsung galaxy note 8.0 dan video peluncuran fitur baru kacamata google.
Bulan Juni :
tablet acer iconis W3 menggunakan windows 8
Bulan juli :
telepon pintar nokia lumia 1020
Bulan September :
jam tangan pintar Samsung galaxy gear, apple iphone sc/ss, video game “grand
theft auto v”
Bulan oktober :
Apple ipad air, ipad mini retina display dan Microsoft windows 8.1 os.
Bulan November :
jambone gelang up24 baru
d. Keamanan dan privasi
Bulan Juni :
media cetak inggris dan AS mengungkap pengawasan telepon dan internet
besar-besaran oleh badan keamanan nasional AS (NSA, pada awal dari seangkatan
pembocoran dokumen yang dilakukan mantan teknisi intelijen AS Edward Snowden.
Bulan Juli :
cybercrime menyebabkan kerugian ekonomi global 100-500 miliar dollar pertahun.
Bulan Oktober :
lebih ari 500 penulis menandatangani petini untuk membatasi pengawasan oleh
pemerintah.
Bulan Nopember :
google telah menerima 25.879 permintaan data di seluruh dunia ari januari
hingga juni, sekitar 11000 dari AS.
Bulan
Desember : 2 juta password
online yang dicuri ditemukan disebuah server dibelanda.
COMMENTS